Beranda Bangka Belitung Jurusan Kimia UBB Gelar Penyuluhan Pupuk Organik Cair di Kelurahan Sri Menanti

Jurusan Kimia UBB Gelar Penyuluhan Pupuk Organik Cair di Kelurahan Sri Menanti

Balunijuk, UBB- Jurusan Kimia UBB gelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kelurahan sri Menanti, Sungailiat. Kegiatan ini bertemakan “Peningkatan Kualitas Pupuk Kompos Berbasis Limbah Rumah Tangga Menggunakan Stimulator EM4”, Rabu (09/09/2020).

Penyuluhan dan pendampingan dilakukan dengan sistem door to door mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Sebanyak 30 orang masyarakat yang terdiri dari anggota KSM dan masyarakat sekitar disambangi kerumahnya oleh tim pengabdian Jurusan Kimia UBB.

Hendro selaku Ketua KSM menyampaikan terdapat beberapa kendala yang mereka alami selama pembuatan pupuk kompos diantaranya pupuk yang diolah masih berupa pupuk kompos padat, belum mendapatkan informasi tentang cara pembuatan pupuk organik cair yang berkualitas dan pupuk kompos yang diproduksi saat ini dianggap masih memiliki kualitas yang rendah.

Oleh karenanya, jurusan kimia hadir dengan memberikan penyuluhan, pendampingan serta penyerahan bantuan alat dan bahan kepada ketua kelompok swadaya masyarakat sri menanti jaya tentang pembuatan pupuk organik cair berbasis limbah rumah tangga menggunakan stimulator EM4.

“Harapan saya dengan adanya bantuan alat dan bahan (stimulator EM4), kelompok swadaya masyarakat sri menanti jaya bisa secara mandiri memproduksi pupuk kompos berbasis limbah rumah tangga baik itu berupa pupuk padat maupun pupuk organik cair, tentunya dengan kualitas yang baik dan kemasan yang menarik. Semoga kedepan bisa jadi produk unggulan Sri Menanti,” ujar Verry.

Penggunaan stimulator EM4 dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Stimulator EM4 ini adalah kultur cair mikroorganisme seperti Lactobactilus, Actinomycetes, dan bakteri fotosintetik yang dapat mempercepat pengomposan.

“Terima kasih kepada jurusan Kimia UBB yang telah memberikan bantuan alat dan bahan (bakteri EM4), semoga kedepannya kami bisa produksi POC (Pupuk Organik Cair) dengan kualitas tinggi dan menjadikan pupuk ini sebagai produk unggulan Kelurahan Sri Menanti yang dapat dipasarkan dalam skala yang lebih luas,” tutup Hendro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments