Beranda Bangka Belitung KKN UBB Desa Pelangas Usung Creative Economy Programs dalam Menghadapi Era New...

KKN UBB Desa Pelangas Usung Creative Economy Programs dalam Menghadapi Era New Normal

LPM UBB, Pelangas – Bertempat di gedung Serasian Sosial Desa Pelangas, 15 mahasiswa/i Universitas Bangka Belitung mengikuti Peresmian Pembukaan KKN yang dilakukan oleh Kepala Desa Pelangas Bapak Welly Wahyudi beserta DPL KKN Desa Pelangas ibu Erita Rosalina, S.E. M.Si,. Acara peresmian berlangsung selama 1 jam dengan acara inti pengalungan simbolis name tag kepada Ketua dan Wakil Ketua Kelompok KKN Desa Pelangas pada Kamis (16/07).

Universitas Bangka Belitung tetap melaksanakan KKN meski di tengah pandemi Corona. Namun pelaksanaannya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mahasiswa dituntut berkreasi dari rumah, kreatifitas kognitif sangat diperlukan dalam menghadapi fluktuasi seperti ini. KKN XV UBB Tahun 2020 dijalankan dengan mekanisme yang berbeda yakni menggabung kegiatan daring dan turun lapangan. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan desa pelangas sendiri.

Menurut penuturan kepala desa, daerah Pelangas terdiri dari 3 dusun dengan total penduduk 2500 jiwa yang terdiri ragam suku dan agama sehingga bisa disebut sebagai “Indonesia kecil”. Tidak diragukan jika banyak kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi.

Harapan dari kepala desa sendiri dengan adanya kegiatan KKN di wilayah Pelangas mampu membimbing masyarakat di era new normal baik dari pemberdayaan sumber daya manusia maupun alam dalam memaksimalkan manfaatnya.

Ibu Erita selaku DPL KKN Desa Pelangas menitik beratkan pada rekan mahasiswa didalam program kerja harus memuat tiga include yaitu berbasis sosial, kesehatan dan pendidikan.

“Karyakan adik-adik KKN Pak Kepala Desa walau bagaimanapun mereka masih tetap anak – anak, mohon bimbingannya,” ucap beliau diakhir acara.

Program unggulan yang diusung oleh KKN Desa Pelangas adalah edukasi manajerial UMKM yang diharapkan mampu memperbaiki perekonomian masyarakat kelas menengah dalam menghadapi era new normal selaras dengan slogan KKN Desa Pelangas “Tetap Mengabdi Meski Pandemi”, walau ruang gerak terbatas karena pandemi, Tidak menyurutkan semangat rekan mahasiswa dalam mengabdi kepada masyarakat.

Fajar Ramadani selaku Ketua Kelompok menyampaikan bahwa mereka tetap bersemangat untuk menuntaskan program kerja walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19.

“Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, kami tetap megabdi kepada masyarakat di desa pelangas dengan menjalankan segala program yang telah kami rancang sebelumnya, kami telah mempersiapkan segala pertimbangan agar semua proker yang telah kami rancang tersebut tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan mempertimbangkan dan memperhatikan protokol kesehatan,” tutur Fajar.

Ia berharap agar UMKM di Desa Pelangas dapat lebih maju dan berkembang sehingga ada jalan keluar untuk mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat di desa tersebut.

“Kami berharap dengan terlaksananya KKN UBB di Desa Pelangas ini, dapat memberikan jalan keluar dari permasalahan desa dalam memanajemen ekonomi dan dapat mengembangkan UMKM di Desa Pelangas sehingga dapat berkembang dan dikenal oleh dari dalam desa hingga luar desa serta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat desa mengenai pentingnya menggunakan masker dan menjaga diri agar tetap menjalankan hidup sehat agar terhindar dari virus covid-19,” harap Fajar.

(Red LPM UBB/Isabella)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

WISUDA KE XXVII, REKTOR UBB : SELALULAH MENJADI PRIBADI YANG OPTIMISTIK

LPM Alternatif — Pangkalpinang, Universitas Bangka Belitung kembali menggelar Rapat Terbuka Senat pada Rabu (15/3). Rapat Terbuka Senat dengan agenda tunggal Wisuda...

Melawan dengan Santai – LPM Alternatif UBB adakan Diskusi dalam Rangka IWD 2023

LPM Alternatif - Pangkal Pinang, Di tengah hiruk-piruk peringatan International Women's Day 2023, Lingkar Diskusi Gender LPM Alternatif turut mengadakan diskusi melawan...

Lika-Liku Jalan Menuju Kampus Aman dari Kekerasan Seksual

Ilustrasi: Esferanza Ratu. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda.

UBB SAH KANTONGI IZIN PEMBUKAAN PROGRAM STUDI KEDOKTERAN

LPM Alternatif-Pangkalpinang, Setelah sekian panjang tahapan pembentukan program studi baru, akhirnya Universitas Bangka Belitung menerima Surat Keputusan Izin Pembukaan Program Studi Sarjana...

Recent Comments