Sekolah Parlemen yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (DPM KM UBB) 2024 di Balai Besar Peradaban. Sumber foto istimewa

LPM Alternatif, Balunijuk – Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (DPM KM UBB) mengadakan sekolah parlemen yang mengusung tema “Peran Generasi Z Sebagai Legislator di Tatanan Politik untuk Meningkatkan Etika dan Transparansi Komunikasi dalam Pembuatan Kebijakan Publik Menuju Indonesia Emas 2024” pada Jumat dan Sabtu (23-24/8) di Gedung Balai Besar Peradaban (BBP) Universitas Bangka Belitung.

Sekolah Parlemen merupakan program kerja Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (DPM KM UBB) yang berisi pelatihan mengenai lembaga legislatif untuk mengembangkan dan mengetahui wawasan mengenai pergerakan mahasiswa, peran legislatif dan menunjang pengetahuan mahasiswa mengenai Lembaga Legislatif. Sekolah parelemen ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa dan Ormawa UBB, tetapi juga diikuti oleh siswa-siswi SMA dan Universitas yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

DPM KM UBB menyelenggarakan empat kelas dengan pemateri berbeda disetiap sesi. Kelas pertama adalah Training Legislatif yang disampaikan oleh Zul Terry Apsupi, S.S. Kelas kedua mengenai administrasi diisi oleh Zuristyo Firmadata, S.E., M.M., anggota DPD RI Komisi VI. Selanjutnya, kelas Legal Drafting yang disampaikan oleh Febriansyah Rozarius, S.H., M.H., hakim PTUN Pangkalpinang. Terakhir, kelas pengawasan disampaikan oleh Aldi Kurniawan, S.H., M.H., advokat dan tenaga ahli DPRD Pangkalpinang.

Adapun tujuan dari kegiatan Sekolah Parelemen Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Bangka Belitung sebagai berikut:

  1. Meningkatkan tali silahturahmi antar ORMAWA Universitas Bangka Belitung.
  2. Melatih keterampilan kepemimpinan dan komunikasi politik.
  3. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang proses legislasi dan pembuatan kebijakan.
  4. Mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam kehidupan politik dan demokrasi di lingkungan kampus dan birokrasi pemerintahan.

Melalui Sekolah Parelemen, DPM KM UBB berharap dapat memperkuat hubungan dengan Ormawa Universitas Bangka Belitung. Program ini bertujuan untuk membentuk legislatif muda yang kompeten dan meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam dunia kelegislatifan. Selain itu, Sekolah Parelemen juga akan memberikan pemahaman tentang trias politika kepada siswa dan mahasiswa di seluruh Bangka Belitung serta mempersiapkan mereka untuk terlibat dalam politik baik di kampus maupun di luar kampus. Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mengenai tugas wakil rakyat dan mempersiapkan generasi masa depan untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia Emas 2045.

Reporter: Alternatif
Penulis: Kartini
Editor: Salwa Nabila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *