Beranda Bangka Belitung MAHASISWA KKN UBB CANANGKAN HIDROPONIK DAN BETERNAK AYAM DALAM RANGKA TRANSISI EKONOMI...

MAHASISWA KKN UBB CANANGKAN HIDROPONIK DAN BETERNAK AYAM DALAM RANGKA TRANSISI EKONOMI MASYARAKAT DI ERA NEW NORMAL

LPM UBB, Toboali – Tim KKN Desa Bencah lakukan kunjungan Kantor Desa Bencah untuk canangkan usulan program Unggulan berupa bertanam secara hidroponik dan beternak ayam. Tim KKN sebelumnya sudah koordinasi mengenai tujuan dan sasaran kegiatan yang akan dilakukan selama mengabdi di Desa Bencah, namun hari ini pemaparan program lebih terperinci dan dilengkapi dengan konsep yang sudah tim siapkan untuk diusulkan kepada Kepala Desa, Kepala BPD, beserta seluruh perangkat desa.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian. Bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dapat diwujudkan melalui program KKN yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa maupun bagi instansi pemerintah desa masyarakat.

Akan tetapi, bentuk pengabdian mahasiswa KKN UBB tahun ini sedikit berbeda karena ruang gerak yang terbatas di kondisi pandemik saat ini. Tahun 2020 menjadi tahun dimana terdapat pembatasan bagi setiap orang untuk beraktivitas secara normal, tetapi kondisi tersebut tidak akan mematahkan semangat mahasiswa KKN UBB untuk mewujudkan desa tempat mereka mengabdi menjadi desa yang lebih produktif dan berpotensi secara local maupun nasional.

Desa Bencah merupakan desa yang termasuk dalam Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan sudah memiliki potensi masyarakat yang cukup maju. Jika mampu dikembangkan dengan lebih baik lagi, desa ini sangat potensial di bidang ekonomi, kesehatan, adat istiadat dan bahkan untuk tujuan wisata.

Pada hari ini, Kepala Desa (Heri Purnomo) menjelaskan kepada Mahasiswa Tim KKN bahwa potensial wisata hutan pelawan yang dimiliki desa Bencah memiliki peluang yang besar sebagai tempat wisata local namun pembangunan terkait hal ini masih terhambat dengan kondisi pandemi Covid 19.

Sementara dibidang ekonomi, Heri menjelaskan bahwa umumnya pekerjaan masyarakat desa Bencah adalah petani lada dan penyadap karet. Masih sangat sedikit masyarakat yang berprofesi sebagai entrepreneur, padahal itu berpotensi besar bagi masyarakat desa melihat potensi yang tersedia.

Polemik kebijakan ekonomi akibat kondisi Covid 19 memberikan efek yang dominan bagi pendapatan masyarakat desa khususnya untuk petani lada dan penyadap karet. Penurunan harga komiditi lada dan karet semakin anjlok di pasaran local sehingga pendapatan masyarakat semakin menurun yang berbanding terbalik dengan meningkatnya harga kebutuhan pokok akibat banyaknya oknum penimbun stock akibat dampak panic buying.

Ditengah permasalahan ekonomi seperti saat ini maka solusi yang tepat adalah bagaimana kita tetap produktif ditengah keterbatasan yang ada sehingga masyarakat siap untuk menghadapi era New Normal.

Tentunya, Mahasiswa Tim KKN desa Bencah mengajak Masyarakat desa untuk memahami tentang permasalahan ekonomi saat ini dan memberikan edukasi tentang program unggulan yang mereka usulkan yakni bertanam secara hidroponik dimana potensi keberhasilan panennya lebih baik dibandingkan metode yang biasanya.

Selain itu mahasiswa KKN juga mengusulkan program beternak ayam yang baik dan metode yang harus digunakan dalam menghasilkan bibit dan telur yang siap untuk diproduksi. Jika masyarakat mampu mengubah mindset mereka tentang pentingnya kegiatan ini maka akan sangat memudahkan mengajak warga desa beralih profesi yang lebih potensial atau bahkan bisa menjadi wirausaha yang handal dan sukses kedepannya.

Melalui program unggulan ini mahasiswa KKN Desa Bencah berupaya memberikan edukasi yang tepat sasaran dan mudah untuk dipahami masyarakan sesuai dengan tema KKN yaitu “Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial dan Ekonomi Melalui Gerakan Peduli Lingkungan dan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid 19″.

Di era New Normal tentunya masyarakat harus mampu bersaing dan lebih produktif lagi, untuk itu tim KKN Desa Bencah mengusulkan program yang arah tujuannya adalah mengajak masyarakat lebih produktif khusunya di bidang ekonomi.

Tim KKN Desa Bencah mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan perangkat desa lainnya karena sudah menerima mereka dengan sangat baik ramah dan sangat mendukung program yang diusulkan bahkan kepala desa yang siap untuk membantu secara langsung kegiatan ini.

Harapannya dengan program unggulan Tim KKN UBB Desa Bencah ini, semoga masyarakat termotivasi untuk memanfaatkan peluang yang ada sehingga perbaikan ekonomi semakin mudah dilakukan dan masyarakat pun bisa lebih sejahtera dari sektor pendapatan serta bisa membantu pemerintah menyiapkan dan membangun pertumbuhan ekonomi di era New Normal.

(Sumiyanti/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments