Beranda Bangka Belitung Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk “Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan Penataan Bibir Pantai Sebagai Buffer Zone Pulau Semujur”. Adapun kegiatan ini telah dimulai sejak bulan Juli hingga November awal di Pulau Semujur, Bangka Tengah.

Kegiatan ini dilaksanakan guna memanfaatkan anggaran dana hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbudristek) melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang dibimbing langsung oleh Ropalia, S. P., M. Si. selaku pembina HIMAGRO.

Vioni Rahmawati selaku Ketua Pelaksana PPK Ormawa HIMAGRO UBB mengatakan bahwa “Terdapat dua rangkaian kegiatan besar yang kami laksanakan yakni Penanaman mangrove, cemara laut, dan ketapang kencana di pesisir pantai. Selain itu, kami juga melakukan Pembangunan Rumah Pilah”

Melalui penyuluhan ini, diharapkan mampu membangun buffer zone atau zona penyangga untuk meminimalisir abrasi yang terjadi di Pulau Semujur, serta mempermudah masyarakat Pulau Semujur untuk dapat mengelola sampah organik dan non organik yang ada di Pulau tersebut menjadi bermanfaat. Misalnya seperti pembuatan kompos untuk sampah organik dan penjualan sampah non organik mulai dari plastik, kardus, kertas, besi dan sebagainya.

Kegiatan ini tentu saja melibatkan masyarakat Pulau Semujur dengan harapan dapat meminimalisir abrasi dan permasalahan sampah yang ada di Pulau Semujur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Catatan Akhir Tahun: UBB Sudah Tak Serius Berpesta Demokrasi

Oleh Arie Hidayat, Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin "Bunga mawar tidak pernah mempropagandakan harumnya, namun...

Bina Desa BEM KM FE UBB di Desa Limbung, giatkan pengabdian mahasiswa ke Masyarakat

Sabtu, 24 Desember 2022. Tim Bina Desa BEM KM FE UBB melakukan sejumlah kegiatan sebagai bentuk program kerja mereka di Desa...

PEMILWA UBB 2023, SUGUHKAN RASA DEMOKRASI DI UNIVERSITAS

LPM UBB — Bangka, Universitas Bangka Belitung kembali menggelar Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) jenjang fakultas hingga universitas untuk tahun 2023. Agenda tahunan ini...

Phoenix Awards, acara malam penganugerahan persembahan BEM KM UBB

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (BEM KM UBB) kembali menyelengarakan acara malam penganugerahan atau Phoenix Awards dengan mengusung tema...

Recent Comments