Beranda Liputan Khusus Ekonomi PEMILWA UBB 2023, SUGUHKAN RASA DEMOKRASI DI UNIVERSITAS

PEMILWA UBB 2023, SUGUHKAN RASA DEMOKRASI DI UNIVERSITAS

LPM UBB — Bangka, Universitas Bangka Belitung kembali menggelar Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) jenjang fakultas hingga universitas untuk tahun 2023. Agenda tahunan ini dimulai dengan sosialisasi teknis dan mekanisme Pemilwa yang diadakan pada Kamis (15/12) hingga acara puncak pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada Senin (26/12) nanti.

Salah satu kegiatan dari pesta demokrasi mahasiswa di Kampus Peradaban ini adalah debat mahasiswa yang dilakukan secara serentak oleh para pasangan calon pada Jumat (23/12). Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, debat ini pun dilaksanakan secara hybrid. Namun, tidak semua fakultas yang menyelenggarakan debat paslon Pemilwa tahun 2023. Hal ini disebabkan terdapat 4 fakultas yang hanya memilki satu pasangan calon, sehingga sesi debat ditiadakan, dan dialihkan ke sesi kampanye. Kegiatan berlangsung sejak pukul sembilan pagi hingga menjelang siang. Seperti pesta rakyat pada umumnya, debat Pemilwa ini menjadi mediator penyampaian visi, misi, serta program kerja yang akan dijalankan oleh setiap paslon selama masa jabatan nanti. 

Pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa KM UBB

Di tingkat universitas, terdapat dua paslon yang bersaing pada pemilihan Presiden Mahasiwa dan Wakil Presiden Mahasiswa. Mereka adalah Adri Ahmad Nafaran dan Takbir Jitabil Amru sebagai paslon nomor urut satu serta Andi Firdaus Purnama dan Sawitra sebagai paslon nomor urut dua. Terdapat perpanjangan masa kampanye selama satu hari dari yang sebelumnya 21-22 Desember menjadi 21-23 Desember. Kegiatan debat berlangsung di ruang aula Babel IV yang dihadiri oleh anggota KPUM KM UBB, anggota Banwaslu Universitas, dua orang panelis, calon Presma dan Wapresma, juga perwakilan Ormawa di lingkungan UBB. Debat dibuka dengan penyampaian visi misi oleh para calon. Dilanjutkan dengan segmen QnA dimana setiap paslon akan menjawab pertanyaan dari sejumlah audiens. Lalu, dilangsungkan debat antar paslon yang dipantik dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kapasitas mereka dalam menanggapi dinamika kampus, terutama yang menyangkut masalah prioritas hingga permasalahan yang terjadi antara mahasiswa dengan pihak kampus.

“Kami ingin mewujudkan BEM KM UBB sebagai organisasi pelopor gerakan KOLABORE (Kolaboratif dan elaboratif),” ucap Adri dan Amru dalam sesi penyampaian visi dan misi mereka.

Sementara di posisi seberang, paslon nomor urut dua juga dengan tak kalah tegasnya menyampaikan visi mereka ketika menjabat nanti. “Integrasi gerakan melalui revitalisasi demokrasi berlandaskan ASA (Aspiratif, Sinergis dan Aktualitatif) sebagai perwujudan cita-cita KM UBB,” ucap Andi dan Sawitra dalam giliran mereka.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi

Sejalan dengan BEM Universitas, agenda Jumat pagi ini dilaksanakan setelah sempat diberikan perpanjangan waktu kampanye selama satu hari. Namun, hanya ada satu paslon yang terdaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur yakni Annisa Pratiwi dan Al Wisyahk. Kampanye pemilwa FPPB berjalan dengan baik, lancer, dan kondusif. Kampanye dibuka dengan perkenalan diri serta penyampaian visi dan misi oleh pasangan calon tunggal. Dikatakan bahwa penyampaian visi dan misi ditujukan agar mahasiswa Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (FPPB) dapat memantapkan pilihan mereka terkait masa depan fakultas. Setelahnya, paslon menjawab pertanyaan dari sebuah amplop tersegel yang dibacakan oleh Ketua KPUM FPPB. Selain mahasiswa dan perwakilan Ormawa, turut pula hadir Dr. Robin, S.Pi., M.Si., selaku wakil dekan bidang akademik  dan kemahasiswaan. Acara berakhir dengan pengucapan janji dan sumpah mahasiswa oleh paslon.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Fakultas Teknik

Seperti  halnya pemilwa FPPB, hal yang serupa juga terjadi dalam pemilwa Fakultas Teknik (FT). Dalam Pemilwa yang dihelat secara daring melalui akun Instagram KPUM FT ini, hanya diikuti oleh satu paslon, yakni Edoi (Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 20) dan Annisa Ramadina (Mahasiswi Teknik Pertambangan Angkatan 20). Sayangnya, Annisa berhalangan hadir dalam sesi penyampaian visi misi untuk mendampingi Edoi, dikarenakan di saat yang bersamaan ia menjalani kerja praktik di Provinsi Jambi. Forum dihadiri oleh perwakilan Dekanat, Ketua KPUM FT, Gubernur FT 2022, dan para audiens. Dalam penyampaiannya, Edo memaparkan bahwa kelak di periodenya akan diwujudkan KFT (Karya/Sinergi Fakultas Teknik) selaras demi terciptanya Fakultas Teknik jaya yang berlandaskan warga satu jiwa. Empat pilar yang dimuat dalam poin-poin yang menyusun fakultas teknik jaya meliputi : poin kolaboratif, advokatif, pengabdian dan pengembangan. Setelah penyampaian visi misi, giliran Edoi untuk membangun keyakinan penuh dari seluruh keluarga FPPB atas jabatan yang akan dipangkunya setahun kedepan dengan menjawab pertanyaan yang dilontarkan kepadanya. Ia juga memberikan persepsi dari pertanyaan terkait upaya yang dapat dilakukan untuk membangun keselarasan antar mahasiswa. Dikatakannya bahwa upaya yang dilakukan dalam membangun chemistry dengan menyesuaikan kultur mahasiswa teknik yang ada, chemistry yang dimaksud dapat berupa menerapkan prinsip koordinasi dan komunikasi, salah satunya budaya nongkrong yang dinilai efisien dan sesuai dengan kultur mahasiswa teknik dalam menciptakan chemistry.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengadakan kampanye hari ketiga setelah dilakukannya perpanjangan waktu selama satu hari yang semulanya direncanakan hanya pada tanggal 21-22 Desember 2022. Sama halnya dengan Pemilwa di lingkungan FPPB dan FT, FISIP pun hanya menggandeng Adelia Putri (Mahasiswi Ilmu Politik) dan Aditya Nugraha (Mahasiswa Sosiologi) sebagai paslon tunggalnya. Debat ditiadakan karena hanya ada satu Paslon, sehingga pada hari Jumat, 23 Desember hanya melakukan sesi kampanye yang melibatkan beberapa perwakilan Ormawa fisip dan para mahasiswa UBB lainnya. Satu-satunya paslon Gubernur dan Wakil Gubernur ini menerangkan sasaran yang akan diraih dalam kedudukannya nanti, yaitu menjadikan FISIP UBB sebagai rumah karya perjuangan berasaskan kekeluargaan dengan semangat revolusioner. Dalam menggapai visinya, misi yang akan digiatkan adalah sebagai berikut.

  1. Merancang ruang aspirasi tanggap dan resolusi serta pengadvokasian dalam menyikapi isu sosial dan politik.
  2. Menumbuhkan dan mengakomodir potensi mahasiswa FISIP UBB dalam mewujudkan mahasiswa yang berprestasi dan revolusioner.
  3. Menumbuhkan dan mempererat tali silahturahmi seluruh mahasiswa FISIP UBB dan Aktivitas akademik demi tercapai sinergitas yang harmonis.
  4. Mewujudkan komunikasi dan kolaborasi secara masif kepada seluruh mahasiswa FISIP UBB sebagai  bentuk penguatan semangat reformis.
  5. Melahirkan kembali spirit perjuangan mahasiswa FISIP UBB dengan daya juang revolusioner  dan asas kekeluargaan yang kolektif.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Fakultas Hukum

Pemilihan Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UBB tahun 2023, menarik dua paslon sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur FH. Paslon nomor urut satu Indah Cahyani dan Widyasari, serta paslon nomor urut 2 Yosua Sandi Rajanta dan M. Mardifa Zakirin. Prosesi debat dimulai pada pukul Sembilan pagi dengan mengangkat tema “Kepemimpinan adalah karakter seseorang dibentuk, bukan dilahirkan.” Bertempat di ruang seminar FH, debat ini menghadirkan tiga panelis, yaitu Dr. Derita Prapti Rahayu, S.H., M.H., Darwance, S.H., M.H., dan Winanda Kusuma, S.H., M.H. Setiap paslon saling melempar argumen dan mengemas gagasan dengan sangat baik untuk memberikan kesan positif kepada pemilihnya. Sebelumnya, kedua paslon menyampaikan Visi dan Misi mereka sebagai pimpinan BEM KM FH UBB. Paslon satu dengan visinya “Mewujudkan BEM FH UBB sebagai organisasi pelopor gerakan asik (apresiatif solutif inspiratif dan kolaboratif).” Tak mau kalah, Paslon dua juga menyatakan visi yang akan dijalankannya, yaitu “Menggelorakan semangat persatuan keluarga mahasiswa hukum yang aspiratif, dedikatif, kusif serta sinergis demi tercapainya progres nyata dalam kinerja strategis BEM KM FH UBB.”

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Fakultas Ekonomi

Tidak seperi tahun 2022 kemarin, Pemilwa Fakultas Ekonomi (FE) tahun ini menghadirkan paslon tunggal. Satu-satunya kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur ini diketahui adalah Aldiat Noverza dari program studi Ekonomi, didampingi oleh Sandi Karwana dari program studi Manajemen. Bertempat di ruang kelas AK 4 Gedung Babel III, Aldiat dan Sandi mantap menggaungkan visi, misi, dan program kerja mereka selama satu tahun kedepan. Menjadikan BEM KM FE UBB sebagai roda utama Sivitas Akademika Fakultas Ekonomi serta sebagai wadah aspirasi dan kreativitas mahasiswa. Selaras dengan  visinya, misi yang akan paslon ini jalankan, yaitu :

  1. Memfasilitasi KM FE UBB dalam menyalurkan bakat dan potensi dalam bidang akademik maupun non akademik.
  2. Mengembangkan kegiatan yang inovatif dan inspiratif dengan mengutamakan kepentingan bersama.
  3. Menjalin hubungan yang ramah serta kekeluargaan antarorganisasi intra kampus maupun ekstra kampus.
  4. Mengedepankan kepengurusan BEM KM FE UBB yang disiplin, bertanggung jawab, dan amanah terhadap berbagai hal.

Forum kampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur FE mengundang atensi pengurus himpunan mahasiswa empat program studi di bawah naungan FE dan DPM KM FE. Dua orang panelis juga turut membersamai untuk memantik kegiatan kampanye sekaligus memberikan hawa Pemilwa kepada para hadirin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ratusan Mahasiswa Babel Lantangkan Aksi Tolak Perppu Cipta Kerja

Massa aksi yang bertolak dari Titik Nol KM mulai memasuki halaman Kantor DPRD Babel. Foto oleh Dimas Prayoga/Alternatif.

WISUDA KE XXVII, REKTOR UBB : SELALULAH MENJADI PRIBADI YANG OPTIMISTIK

LPM Alternatif — Pangkalpinang, Universitas Bangka Belitung kembali menggelar Rapat Terbuka Senat pada Rabu (15/3). Rapat Terbuka Senat dengan agenda tunggal Wisuda...

Melawan dengan Santai – LPM Alternatif UBB adakan Diskusi dalam Rangka IWD 2023

LPM Alternatif - Pangkal Pinang, Di tengah hiruk-piruk peringatan International Women's Day 2023, Lingkar Diskusi Gender LPM Alternatif turut mengadakan diskusi melawan...

Lika-Liku Jalan Menuju Kampus Aman dari Kekerasan Seksual

Ilustrasi: Esferanza Ratu. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Recent Comments