Beranda Bangka Belitung Peringati Hari Mangrove Sedunia, KKN XV Desa Batu Belubang Ikut Berpartisipasi dalam...

Peringati Hari Mangrove Sedunia, KKN XV Desa Batu Belubang Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan Penanaman Mangrove di Pantai Tapak Antu

LPM UBB, Batu Belubang – Dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 27 juli mendatang, pemerintah desa Batu Belubang bekerja sama dengan PT Pertamina DPPU Depati Amir dan Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Pantai Tapak Antu pada selasa, (21/7/20).

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain TBBM Pangkal Balam, Korem Garuda Jaya 045 Bangka Belitung, Botanical Group, Kodim 0413 Bangka, Brimob Bangka Belitung, Dit. Polairud Prov. Kep. Babel, Polsek Pangkalan baru, BPDAS Batu Rusa cerucuk, Forum DAS Bangka Belitung, Satwas SDKP Bangka, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, perangkat serta masyarakat Desa Batu Belubang.

Menurut Kades Batu Belubang, kegiatan penanaman mangrove ini selain dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia, juga sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan serta diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Pantai Tapak Antu Desa Batu Belubang.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 pagi yang diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan PT pertamina, perwakilan KOREM 045 GAYA, dan terakhir oleh Kades Batu Belubang. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan bibit mangrove secara simbolis kepada Kades Batu Belubang.

Sebanyak 3000 Bibit mangrove ditanam di bibir Pantai Tapak Antu. Proses penanaman bibit sempat terhenti karena terkendala cuaca. Kegiatan penanaman bibit mangrove dapat dilanjutkan kembali saat cuaca membaik.

Sarah Anggreani selaku ketua KKN Desa Batu Belubang menjelaskan penanaman tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari Mangrove Sedunia.

“Ini merupakan kegiatan dalam memperingati hari mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 27 Juli nanti, anggota kkn ubb ikut serta dalam kegiatan ini bersama dengan pihak-pihak lainnya dalam rangka mensupport serta berkontribusi dalam pengembangan pariwisata yang ada di Desa Batu Belubang,” ungkap Sarah.

“Penanaman Mangrove sendiri berdampak positif bagi pantai, yakni bisa bisa mengurangi dampak abrasi dari pantai, jadi semoga bibit mangrove yang ditanam dapat tumbuh besar sehingga bisa berguna di waktu yang akan datang bagi Pantai Tapak Antu, Desa Batu belubang,” lanjutnya.

Selain melakukan penanaman bibit mangrove, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembagian 100 paket sembako untuk warga Desa Batu Belubang yang kurang mampu.

(Tim KKN Desa Batu Belubang/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments