Beranda Liputan Khusus Pesta Demokrasi KM UBB Diundur, Ini Klarifikasi dari Pihak KPUM

Pesta Demokrasi KM UBB Diundur, Ini Klarifikasi dari Pihak KPUM

LPM-UBB, Merawang – Pesta Demokrasi kampus yang kerap disebut Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) Universitas Bangka Belitung diumumkan pelaksanaan agenda tersebut akan diundur hingga waktu yang tidak ditentukan.

Dilansir dari akun instagram Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) UBB, pengumuman tersebut diterbitkan H-1 jelang waktu yang disepakati pada sidang pleno KPUM lalu.

Pemilwa yang seharusnya diselenggarakan pada tanggal 23 Desember harus ditunda sementara waktu. Deni S. Lambun Batu selaku Ketua KPUM UBB memberikan klarifikasi kepada pihak LPM UBB atas info yang beredar mengenai pengunduran waktu pelaksanaan pemilwa.

Ia menyampaikan bahwa adanya dugaan sistem keamanan yang cukup lemah pada sistem E-vote sehingga perlunya perbaikan.

“Mengapa di undur karena ada beberapa sistem keamanan dalam E-vote yang cukup lemah sehingga perlu perbaikan agar mempertebal keamanan tersebut, sehingga dapat terlaksana pemilihan yang baik dengan sistem E-vote,” ungkap Deni saat dimintai keterangan melalui whatsapp.

Ia juga mengatakan kedua belah pihak baik pasangan calon nomor urut 01 maupun 02 menyepakati terkait latar belakang pengunduran pelaksanaan pemilwa.

“Karena sebelum diambilnya keputusan kami telah mengkaji permasalahannya dan kedua belah pihak juga sudah setuju karena mereka merasa juga keamanan link E-vote kurang di banding tahun lalu,” tambahnya.

Pada Rabu sore (22/12/21), tim sukses kedua belah pihak sudah diminta untuk datang ke Gazebo Ekonomi untuk menyampaikan informasi terkait teknis pelaksanaan pemilwa pada tahun ini.

Selanjutnya untuk tindak lanjut dari pihak KPUM, Deni menyampaikan bahwa mereka sedang menunggu kepastian dari pihak TIK terkait sistem pemilwa dalam jaringan (E-Vote) yang akan digunakan mahasiswa UBB untuk memilih.

“Kami sedang menunggu kepastian dari pembuat link karena yang buat link itu orang TIK, tapi opsi lain nya sudah ada dengan mengganti password saat login di E-Vote dan besok keputusan nya mengunakan opsi ganti password atau tidak, jadi kami akan memberikan himbauan agar para mahasiswa mengganti password akun mereka agar tingkat keamanan nya terjaga,” jelasnya.

Pihak KPUM juga akan mengumumkan kembali besok terkait keputusan dari kejelasan pelaksanaan pemilwa kali ini.

Besok akan diumumkan kembali, karena kami juga gak bisa mengundur pemilwa lebih lama karena SK (KPUM) juga habis di tanggal 31 Desember,” tutupnya.

(ari/Red LPM-UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments