Beranda Bangka Belitung Bersama Dinas Pertanian dan BPP Simpang Katis, Tim KKN UBB Desa Sungkap...

Bersama Dinas Pertanian dan BPP Simpang Katis, Tim KKN UBB Desa Sungkap Gelar Sosialisasi Pengenalan Malada

LPM UBB, Sungkap – Jum’at (14/08/20), Mahasiswa/i KKN UBB desa Sungkap adakan kegiatan sosialisasi tentang pengenalan Malada bersama Dinas Pertanian dan Koordinator BPP Simpang Katis.

Kegiatan ini bertempat di Kantor Desa Sungkap dimulai pada pukul 13.30 sampai dengan selesai. Sebanyak 35 warga yang diundang merupakan anggota Gapoktan Latih Asri Desa Sungkap.

Sosialisasi ini diawali dengan pengenalan Malada yang disampaikan oleh Pak Ali selaku koordinator BPP Simpang Katis.

“Malada merupakan tanaman hutan yang mudah beradaptasi dan memiliki 2 jenis akar yaitu akar gantung dan akar tunggang,” ujar Pak Ali.

Sosialisasi dilanjutkan dengan pengisian materi dari dinas pertanian mengenai cara penyetekan, cara penanaman dan cara perawatan. Menurut Bapak Mifta cara penyetekan malada dengan lada harus dilakukan secara baik dan benar agar menghasilkan produksi yang baik pula. Alat dan bahan yang harus dipersiapkan dalam metode penyetekan antara lain pisau cutter steril/pisau okulasi, polibag, media tanah, plastik okulasi dan tanaman malada yg sudah bwrumur 1,5 bulan.

Kegiatan sosialisasi ini kemudian dilanjutkan dengan simulasi langsung dari Dinas Pertanian kepada masyarakat Desa Seungkap berkenaan cara penyetekan Malada dengan lada.

Dinas pertanian juga menuturkan bahwa akan memberikan bibit malada sebanyak 250 batang secara cuma-cuma kepada masyarakat Desa Sungkap. Diharapkan dari pemberian bibit secara gratis ini masyarakat Desa Sungkap mau membudidayakan lada dengan Malada.

Ketua Gapoktan Latih Asri, Pak Sapri
menyampaikan bahwa pembaguan batang malada ini diharapkan dapat merata di desa sungkap sehingga tujuan pengembangan malada dapat berkembang dengan cepat di Desa Sungkap.

(Tim KKN Sungkap/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments