Beranda Bangka Belitung TIM KKN Desa Pelangas Edukasi Siswa SMA N 1 Simpang Teritip Mengenai...

TIM KKN Desa Pelangas Edukasi Siswa SMA N 1 Simpang Teritip Mengenai Aplikasi Penunjang Kelas Online di Era New Normal

LPM UBB, Pelangas – Kamis(13/08/20), bertempat diruang OSIS SMAN 1 SIMPANG Teritip.Tim KKN UBB Desa pelangas gelar eduksi penggunaan media sosial berbasis aplikasi penunjang kelas online yang terdiri dari Google meet, Google classroom, WPS Office dan Camscanner.

Masa pandemi menyebabkan aktifitas tidak dapt dilaksanakan sebagaimana mestinya. Salah satu yang terdampak adalah proses belajar disekolah. Sistem belajar mengajar disesuaikan dengan himbauan pemerintah pusat dan daerah, mengingat pentingnya menjaga jarak agar tidak tertular virus corona. Solusi yang dilakukan sekolah adalah dengan mengadakan kelas daring/online hal ini dilakukan agar proses belajar tidak terhambat. Kelas ini berbasis online dimana siswa dapat berjumpa dan mengirim tugas via online tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Melek teknologi sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti ini. Edukasi ini bertujuan untuk membantu siswa/i yang mengalami kesulitan dalam hal mengirim tugas ataupun mengoprasikan aplikasi belajar tersebut. Satu hal penting yang harus dimiliki siswa/i adalah kuota, karena berbasis daring siswa/i harus online agar dapat submit tugas.

Kegiatan edukasi tersebut dimulai pukul 08.00 sampai 11:00 WIB. Penyampaian materi dilakukan sebanyak 2 sesi, per sesi terdiri dari 20 peserta yang mana diwakili 2 orang per kelas. Edukasi mengenai aplikasi penunjang kelas online tersebut dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yakni saling menjaga jarak dan memakai masker.

Disela-sela pemaparan materi mengenai cara pemakaian, kekurangan dan kelebihan aplikasi penunjang kelas online tersebut, para siswa/i bersama TIM KKN tak lupa langsung praktek menggunkan HP agar ilmu yang ditularkan tidak lupa dan para peserta mengerti sehingga dapat berbagi dengan teman lainnya.

Setelah selesai pemaparan empat aplikasi dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab, sebanyak lima pertanyaan disetiap sesi yang dianjutkan dengan kuis menggunakan aplikasi dari google berupa kahoot, diakhir acara bagi siswa/i yang beruntung bisa membawa pulang doorprise.

Kristina Pinaryati selaku guru BK SMA N 1 Simpang Teritip sangat mengpresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa di sekolah tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, semoga ilmu yang ditularkan dapat membantu siswa/i dalam memahami cara penggunaan aplikasi penunjang kelas online,” ujar Kristina.

“Program Edukasi aplikasi daring penunjang online class merupakan program kerja tambahan dari KKN UBB Desa Pelangas, harapan saya semoga dengan diadakanya eduksasi di SMAN 1 Simpang Teritip dapat menambah pengetahuan tentang beberapa aplikasi yang belum mereka dapatkan di sekolah seperti Google meet, Google classroom, WPS Office dan Camscanner sebagai penunjang online class” Ujar Septiana Pratiwi selaku penanggung jawab kegiatan.

(Tim KKN UBB Desa Pelangas/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments