Gelar PJTD, LPM UBB Berikan Pemahaman Dasar tentang Jurnalistik

0
1126

TRIPOS, BALUNIJUK—Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) UBB kembali menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) tahun 2023 di Ruang Akustik, Gedung Timah I, yang diadakan dua hari mulai dari Sabtu (4/3) hingga Minggu (5/3) dengan tema “Berkenalan dengan Jurnalisme” . PJTD merupakan kegiatan tahunan yang diadakan khusus untuk anggota muda LPM Alternatif UBB, yang mana dalam kegiatan ini anggota muda akan diperkenalkan secara mendalam mengenai seluk-beluk Jurnalistik.

Untuk menciptakan anggota muda yang memiliki kapabilitas tinggi, LPM Alternatif UBB mengundang beberapa pembicara yang memang berkompeten di bidangnya seperti: Shellia Gladia, Ketua Umum LPM UBB 2022 Dengan materi Pengenalan LPM dan Kode Etik Jurnalistik ; Sindy Ayu Kirana, Wartawan Babel Pos dengan materi Teknik Reportase dan Penulisan Berita ; Mia Rahmadani selaku Presenter berita TVRI yang membawakan materi tentang Lisan Mewartakan; serta Kevin Aryatama, Koordinator bidang Literasi dan Pengembangan yang memberikan pemahaman mengenai cara mengelola dan menyampaikan prespektif.

Shindy, Pemateri pada hari pertama PJTD mengungkapkan bahwa ia ingin memberikan pemahaman yang sebaik mungkin untuk anggota muda LPM Alternatif UBB, sehingga ia telah menyiapkan diri sekaligus materinya dari jauh-jauh hari.

“Melihat antusiasme yang tinggi dari peserta PJTD kali ini membuat saya turut bersemangat untuk berbagai pengalaman dan ilmu pengetahuan mengenai Jurnalistik” ungkapnya saat diwawancarai.

Tak hanya mendapatkan bekal berupa materi, peserta juga melakukan sesi praktik seperti wawancara dan pembuatan berita, praktik menjadi reporter dan public speaking serta praktik beropini setelah membaca artikel.

Nadila, selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bekal bagi anggota muda untuk mengenal jurnalistik. Ia juga berharap agar setelah PJTD ini usai, anggota muda LPM Alternatif UBB akan benar-benar memahami apa itu pers secara mendalam, serta berharap bahwa mereka dapat menyukai dunia jurnalistik.

Salah satu momen dalam acara PJTD 2023 yakni praktik wawancara oleh para peserta

Penulis: Dharma, Aldy Christian Tarigan
Editor: Dina Septiani, Zahra Zarina

Foto taken by . M. Zahran Ghibran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here