Beranda Bangka Belitung Kajian Online Komunitas Dakwah Al-Azhar FH UBB Bertajuk "Puasa Ditengah Pandemi"

Kajian Online Komunitas Dakwah Al-Azhar FH UBB Bertajuk “Puasa Ditengah Pandemi”

LPM UBB, Merawang – Telah dilaksanakan kajian online Komunitas Dakwah Al-Azhar Fakultas Hukum UBB pada hari Rabu (09/05/2020), yang bertemakan “Puasa Ditengah Pandemi” di aplikasi media sosial akun Instagram @kdafh_ubb.

Dalam perhelatan kajian ini Armila selaku ketua bidang kajian keislaman KDA FH UBB mengundang para senior Demisioner ketua KDA FH UBB sebagai pemateri. Dengan keynote speaker abangda Abdul Fakih, S.H., selaku pendiri dari KDA FH UBB. Beliau adalah seorang Staf Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selain itu beliau juga merupakan lulusan cum laude Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung.

Selain diisi oleh Ust. Abdul Fakih acara kajian ini juga diisi oleh ketua demisioner KDA FH UBB 2018/2019 Gumiwang Aji Darma dan juga Putra Fakultas Hukum 2018 dan Bang Raju Karnata yang sekarang sudah menjadi anggota kepolisian RI.

Tema kajian yang bertajuk “Puasa Ditengah Pandemi” ini bertujuan untuk meningkatkan ibadah mahasiswa-mahasiswa yang ada di Universitas Bangka Belitung di Ramadhan 1441 ini walaupun tengah dihantui dengan adanya virus Covid-19.

Kajian dimulai oleh Ust. Abdul Fakih dengan menceritakan pengalamannya selama menjadi Ketua KDA FH UBB yang dilanjutkan dengan materi kajian. “Ibadah di bulan Ramadhan InshaAllah akan Allah ganti dengan pahala 10 hingga 700 lipatan,” ujar Ust. Abdul Fakih pada salah satu momen dalam kajian yang diisinya.

Selanjutnya Ust. Fakih juga mengatakan “Apabila menolong agama Allah InshaAllah Allah akan menolong kita”. Beliau juga mengajak para penonton untuk bersama-sama menolong agama Allah dengan melakukan sedekah di bulan Ramadhan.

Kajian ini adalah kajian online perdana yang dilaksanakan KDA pada tahun 2020 ini. Walaupun yang hadir relatif sedikit, kajian ini memberikan nuansa baru dalam dakwah keagamaan dimana dalam kajian tidak harus sepenuhnya dilakukan di dalam ruangan aula yang besar, namun juga bisa dilakukan via online melalui media-media sosial populer seperti instagram, zoom, dll.

Ust. Abdul Fakkih di sela-sela kajian memberikan motivasi kepada para penerus KDA yakni, “Menjadi ketua itu pasti rugi biaya, rugi waktu, rugi tenaga dan rugi pikiran makanya hanya orang-orang yang kuat yang bisa menjadi seorang ketua.” Selain sebagai motivasi dalam meningkatan ibadah mahasiswa, kajian ini juga menjadi pengolahan dari para anggota KDA FH UBB.

Ketua Demisioner KDA 2018/2019 berharap “Semoga KDA FH UBB bisa jadi lebih baik di masa kepemimpinan berikutnya”
Ia berharap KDA FH UBB dapat selalu memberikan lebih banyak inovasi kegiatan-kegiatan bernuansa Islami di kampus peradaban ini, dapat berupa kajian-kajian rutin maupun kegiatan-kegiatan keislaman lainnya.

Raju Karnata sebagai Putra FH juga mengatakan untuk bisa menjaga solidaritas maka penting bagi kita untuk menutupi kekurangan (melengkapi kekurangan) para anggota yang lain.

Ust. Abdul Fakih juga mengatakan semoga kita dapat selalu senantiasa meningkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan ini dan berharap solidaritas KDA FH UBB dapat terjaga.

(Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments