LPM UBB, Bangka – Tim KKN Kelurahan Bukit Betung laksanakan program pembuatan video layanan masyarakat, yang diunggah di sosial media Instragram Kelurahan Bukit Betung, yaitu @kkn_bukitbetung, sejak Minggu pertama KKN berlangsung tertanggal 15 Juli sampai 19 Agustus 2020.

Saat ini Mahasiswa/i Universitas Bangka Belitung (UBB) sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang ke XV (lima belas) di banyak tempat. Salah satunya adalah Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Kelurahan Bukit Betung. Tim KKN Kelurahan Bukit Betung sendiri melakukan beberapa program, salah satunya adalah program pembuatan video layanan masyarakat.

Program ini berlangsung selama 5 minggu yang mana diupload di sosial media terhitung sejak minggu pertama dimulainya KKN pada 15 Juli 2020.

Kegiatan ini dilakukan dengan membagikan video layanan masyarakat melalui laman media sosial instagram @kkn_bukitbetung serta masing-masing anggota ikut menyebarkan juga di media sosial masing-masing.

Ika Yuni Ananda, selaku penanggung jawab program video layanan masyarakat mengungkapkan bahwa terdapat 5 video yang akan diupload selama masa KKN berlangsung.

‚ÄúVideo layanan masyarakat ini berjumlah 5 video, karena KKN ini berlangsung selama 5 minggu. Adapun sistem pembuatannya dibagi menjadi dua yaitu menggunakan animasi dan merekam para anggota KKN untuk membantu proses pembuatan videonya. Adapun 2 video dibuat dengan menggunakan animasi, yang pertama tentang pengenalan covid-19 secara umum dan yang kedua video tentang mengapa kita harus mencuci tangan dengan sabun?. Kemudian video yang direkam bersama para anggota KKN ada tentang 6 langkah cuci tangan menurut WHO, tutorial menggunakan masker dan mengupas mitos/fakta tentang covid-19, untuk video mengupas mitos/fakta tentang covid-19 belum diupload, karena video tersebut baru diupload pada minggu ke-5,” jelas Ika.

Ika menambahkan bahwa video akan diuploud di periode setiap Minggu KKN dengan tanpa ketentuan hari, karena tergantung proses pembuatan videonya.

Sistem uploud video dilakukan setiap minggu di mana ada 1 video yang diupload, dan untuk hari apa di uploadnya itu dilakukan random, karena tergantung pembuatan videonya berapa lama. Video yang sudah selesai biasanya langsung di upload, tambah Ika penanggung jawab program video layanan masyarakat, Minggu (9/8/20).

Pembuatan video layanan masyarakat ini sangat penting untuk dilakukan dan sangat berguna, karena dengan adanya video tersebut kita sudah mengajak orang lain untuk ikut serta melakukan pencegahan penyebaran covid-19 ini dan mengajak orang lain sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain untuk menambah pengetahuan tentang covid-19 juga membantu kita bagaimana semestinya bertindak untuk pencegahan penyebaran covid-19. Misalnya dengan tahu cara mencuci tangan yang seharusnya bagaimana kemudian tahu tentang cara menggunakan masker yang baik dan benar seperti apa, serta tahu apa-apa saja mitos/fakta tentang covid-19 tersebut.

(Nadia/Red LPM UBB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *