Beranda Bangka Belitung KKN Desa Pelangas Bekerjasama Dengan Dinas Kesehatan Bangka Barat Gencarkan Sosialisasi Covid-19...

KKN Desa Pelangas Bekerjasama Dengan Dinas Kesehatan Bangka Barat Gencarkan Sosialisasi Covid-19 dan DBD

LPM UBB, Simpang Teritip – Mahasiswa KKN UBB desa pelangas gelar sosialisasi terkait Covid-19 dan DBD kepada warga Pelangas Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat, Senin(20/7/20). Sosialisasi yang dimulai pada Pukul 9.00 WIB ini dilaksanakan di Gedung Serasian Sosial Desa Pelangas.

Curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, menyebabkan 2 warga desa pelangas terjangkit DBD.

“Selain sosialisasi mengenai pencegahan Covid-19, walaupun adik-adik tidak meminta kami tetap menyampaikan materi mengenai pencegahan penyakit DBD ” Bina Diawan, SKM selaku kasie pencegahan dan pengendalian penyakit menular surveilans Dinas Kesehatan Kab. Bangka Barat.

IaIa mengatakan DBD dapat dicegah oleh perilaku kita seperti tidak membiarkan kubangan air untuk meminimalisir kembang biak nyamuk. Musim hujan menjadi waktu yang rawan akan kenaikan penderita DBD. Di daerah Muntok kami telah melakukan fogging dibeberapa titik rawan kembang biak nyamuk.

Pada tahun 2019 berdasarkan data dinas kesehatan terdaftar 131 kasus DBD di wilayah Bangka Barat. Grafik pola pengidap DBD dari tahun ketahun selalu tinggi di bulan januari rendah di bulan Juni-Juli dan naik kembali di bulan Desember.

Selain sosialisasi DBD Dinas kesehatan Bangka Barat juga memberikan edukasi mengenai pencegahan covid-19 yang disampaikan oleh bapak Vika Septyan Febrianto, AMK selaku pengelola program surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat.

Covid -19 ini berbeda dengan SARS dan MERS cara mudah untuk menjaga kita agar tidak tertular virus tersebut adalah dengan melakukan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) seperti makan makanan sehat, olah raga ujar beliau.

“Harapan kami mahasiswa KKN UBB desa pelangas, dengan mengadakan sosialisasi ini dapat mengajak masyarakat pelangas agar membiasakan diri hidup bersih dan sehat,” pungkas Fajar Ramadani selaku ketua KKN Desa Pelangas.

Selain itu kita juga harus memperhatikan etika batuk, seperti menutup mulut saat batuk menggunakan tangan atau tisu, selalu mengenakan masker dan menjauhi tempat ramai. Harapan kami masyarakat desa pelangas tetap waspada dengan saling peduli dan mengingatkan kesehatan kita untuk kedepannya.

(Tim KKN Desa Pelangas/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments