Beranda Bangka Belitung KOMPAS UBB Gelar Pelatihan Vertical Rescue Bagi Para Pecinta Alam

KOMPAS UBB Gelar Pelatihan Vertical Rescue Bagi Para Pecinta Alam

Pangkalpinang, LPM UBB – Dalam rangka pengenalan dan pemahaman terhadap medan vertikal alam bebas, Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam-Sosial Universitas Bangka Belitung (KOMPAS UBB) selenggarakan Pelatihan Vertical Rescue tingkat nasional mulai dari tanggal 26 – 28 Juli 2021.

Diikuti oleh 35 peserta dari Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) dan Komunitas Pecinta Alam (KPA), melibatkan Basarnas Kota Pangkal Pinang sebagai pemateri, pelatihan ini dilangsungkan di tempat yang berbeda, yaitu Gelanggang Olahraga Sahabudin, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), dan Bukit Merbaung, Desa Kampung Dul dengan melakukan pemeriksaan bebas covid-19 melalui swab test antigen dan memperketat protokol kesehatan.

“Seperti yang kita ketahui, aktivitas alam bebas seperti memiliki tingkat keberbahayaan yang tidak bisa diremehkan. Oleh karena itu, kami berinisiatif mengadakan Pelatihan Vertical Rescue sebagai langkah antisipasi terhadap resiko kecelakaan di alam bebas,” jawab Ketua Pelaksana Pelatihan Vertical Rescue, Suci Dwi Anggia saat dijumpai anggota Lembaga Pers Mahasiswa UBB dalam agenda pembukaan Pelatihan Vertical Rescue pada hari Senin, (26/07/2021).

Selanjutnya, Suci mengharapkan peserta yang berpartisipasi dapat mengaplikasikan materi SAR yang telah diberikan kepada dirinya sendiri, maupun kepada masyarakat guna memberikan penanganan kecelakaan, bencana, serta kondisi berbahaya lainnya.

“Ekstrakulikuler komunitas pecinta alam mesti tanggap terhadap kedaruratan bencana alam dan sosial, termasuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berani dalam menanggapi keadaan darurat,” jelas Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah.

Mahasiswa pecinta alam yang sudah memiliki kemampuan dasar dalam berkegiatan di alam bebas, didorong dengan pengetahuan penanggulangan masa darurat, maka sudah semestinya juga disalurkan dalam kehidupan sosial demi kemaslatahan bersama.

Adapun Pertolongan Pertama, Safety Kerja di Ketinggian, Pengenalan Peralatan, Simpul, Achoring dan Belaying, Ascending dan Desending, Lowering dan Lifting System merupakan materi yang disajikan dalam pelatihan ini.

(Ricky/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments