Beranda Bangka Belitung Jurusan Teknik Mesin UBB Serahkan Mesin Tetas Telur Ke Masyarakat Pergam Sebagai...

Jurusan Teknik Mesin UBB Serahkan Mesin Tetas Telur Ke Masyarakat Pergam Sebagai Solusi Perekonomian Di Masa Pandemi

Air Gegas, LPM UBB – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak perekonomian akibat Covid-19, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung laksanakan Pengabdian Masyarakat Tingkat Jurusan (PMTJ) dengan program pemberian bantuan Mesin Tetas Telur kepada masyarakat Desa Pergam, Kecamatan Air Gegas pada Senin (27/07/21).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Yudi Setiawan S.T., M. Eng, selaku ketua PMTJ Eka Sari Wijianti, S.Pd., M. T., Saparin, S.T., M.Si., R. Priyoko Prayitnoadi, S.ST., M. Eng., P.hD., dan Budi Santoso Wibowo, S.Pd., M. Eng. Selain itu turut hadir Kepala desa Pergam Sukardi, S.H. dan Mitra PMTJ Suharno (ketua mitra 1 PMTJ), Kiki (ketua mitra 2 PMTJ) dan anggotanya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu rumah mitra pengabdian tepatnya di desa Pergam Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan. Kegiatan ini tentunya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan peserta terbatas karena kondisi pandemi Covid 19.

Dalam sambutannya ketua PMTJ Yudi Setiawan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali kedua kegiatan pengabdian UBB di wilayah Kec. Airgegas tepatnya desa Pergam setelah tahun 2020 di desa Bencah. Ia juga berharap kedepannya jurusan Teknik Mesin UBB dapat bekerjasama dengan pemdes Pergam di bidang lainnya.

Eka Sari Wijiyanti selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin menyampaikan bahwa program ini merupakan solusi bagi perekonomian masyarakat yaitu untuk mempermudah penetasan dalam jumlah banyak.

“Ini merupakan program UBB setiap tahun dengan memberikan hibah kepada masyarakat, seperti tahun kemarin (2020) sudah pernah kami laksanakan di Desa Bencah, alhamdulillah hasilnya maksimal, keberhasilan penetasan mencapai 90%, yang biasanya masyarakat atau peternak ini masih melakukan penetasan secara manual, menggunakan kardus atau mengeram secara alami, setelah adanya bantuan ini, kegiatan penetasan telur dapat dilakukan dengan lebih efektif. Selain itu, kedepannya akan bisa juga menyediakan mesin pencetak pelet makanan ternak, lalu mesin penetas telur suatu saat akan bisa dikembangkan dengan otomatis dari sisi operasionalnya jika memang situasinya sudah maju baik usaha maupun ketersediaan listrik yang memadai. Selain itu bisa juga memfasilitasi usaha usaha dibidang lain yang memang dibutuhkan, ” ujar Bu Eka Sari Wijiyanti.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Sukardi selaku Kepala Desa Pergam sangat antusias dan berterimakasih atas penyerahan bantuan mesin penetas telur ini. Pak Sukardi berharap dengan adanya bantuan dari UBB ini dapat menambah wawasan kepada kami, khususnya peternak ayam terkait cara kerja mesin penetas telur ini.

“Kami sangat berharap sekali, dengan adanya bantuan ini dapat mengembangkan potensi peternakan dengan menggunakan teknologi yang canggih di Bangka Belitung, khususnya di Desa Pergam ini. Harapan kami ke depannya, pihak desa tetap terbuka dalam bekerja sama untuk terus mendukung kegiatan ini.” harap Pak Sukardi.

Kiki selaku ketua PMTJ mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan ke masyarakat yang lainnya.

“Kami berterima kasih kepada jurusan Teknik Mesin UBB yang telah memberikan bantuan mesin tetas telur ini dan berharap mesin tetas telur ini dapat disebarluaskan ke masyarakat desa Pergam yang lainnya,“ kata Kiki.

(Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments