Beranda Organisasi Sambut Anggota Muda, LPM UBB Adakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2022

Sambut Anggota Muda, LPM UBB Adakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2022

LPM UBB- Pangkalpinang, Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (LPM UBB) gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dengan mengusung tema “Membentuk Jurnalis Muda dalam Lingkup Pers Mahasiswa Universitas Bangka Belitung” di ruang aula gedung DPD KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari senin dan selasa (17 &18/01/22).

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan di hari pertama. Mewakili DPD KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Usman selaku Wakil Bendahara Umum DPD KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut menyambut sekaligus membuka acara. “Ruang aula ini bebas digunakan untuk kegiatan organisasi-organisasi, administrasinya pun fleksibel.” Tuturnya dalam sambutan.

(Foto: penyerahan cendera mata oleh Pimpinan Umum LPM UBB kepada Wakil Bendahara Umum DPD KNPI Provinsi Bangka Belitung)

Berlangsung selama dua hari ini, PJTD dilaksanakan dalam rangka menyambut 24 orang anggota muda. 21 orang anggota muda LPM UBB hadir secara langsung dan 3 orang lainnya mengikuti pelatihan secara daring via zoom dikarenakan tidak berada di pulau Bangka. Anggota muda merupakan calon anggota yang telah lulus seleksi tahap wawancara.

“Kami menyiapkan dua akses pelatihan baik itu offline maupun online karena mengingat ada beberapa anggota yang berada di luar pulau Bangka. Bagi yang mengikuti  secara online akan diinfokan kembali mengenai hasil penilaian yang mereka dapatkan selama PJTD berlangsung,” kata Muntaz Soraya, ketua pelaksana PJTD 2022.

“Para anggota muda LPM sangat antusias selama berlangsungnya kegiatan pelatihan ini. Kegiatan ini juga untuk persiapan mereka menapaki kehidupan jurnalistik,” lanjutnya.

PJTD ini bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dasar jurnalistik dan memperkenalkan pers mahasiswa kepada anggota muda.

“Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini para anggota muda dapat mengimplementasikan pemahamannya dalam berproses di LPM agar menjadi penerus yang berkualitas.” Ujar Shellia Gladia selaku Pimpinan Umum LPM UBB 2022.

(Foto: foto bersama pemateri)

Adapun materi dalam pelatihan ini seperti Wacana Pers disampaikan oleh Arie Hidayat yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jendral Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota (DK) Babel. Satu-satunya pemateri perempuan, yakni Sindy Ayu Kirana yang memaparkan materi mengenai Teknik Penggalian Data (Reportase) dan Wawancara dan Teknik Penulisan Berita.

Sedangakn pada hari kedua, Anri Darmawan (PU LPM UBB 2021) mengupas tuntas 10 Elemen Jurnalistik dan Kode Etik Jurnalistik dalam penyampaiannya. Dilanjutkan dengan pembahasan materi Analisis Kritis dan Teknik Penulisan Opini yang dipandu oleh Ramsyah Al Akhab. Keempat pemateri ini merupakan demisioner LPM UBB.

(Foto: penyerahan sertifikat pemateri)

Di sela-sela penyampaian materi, Zamzani selaku Sekretaris Jendral DPD KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turut serta dengan memberi wejangan berupa motivasi menulis bagi peserta yang merupakan generasi penerus jurnalis. Ia juga menceritakan pengalamannya dalam dunia tulis-menulis serta menjelaskan bagaimana dinamika media yang ada di Bangka Belitung.

(Foto: Zamzani dalam penyampaiannya)

(LL/RED LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments