Beranda Bangka Belitung Tim KKN UBB Desa Kimak Gelar Acara Sosialisasi Pemanfaatan Sampah

Tim KKN UBB Desa Kimak Gelar Acara Sosialisasi Pemanfaatan Sampah

LPM UBB, Merawang – Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XV menggelarkan acara sosialisasi pemanfaatan sampah, dengan tema “Peningkatan Nilai Guna Sampah Sebagai Sarana Penunjang Ekonomi Masyarakat Desa Kimak di Era New Normal, pada Senin (27/7/20).

     Acara sosialisasi pemanfaatan sampah tersebut dihadiri oleh 25 peserta undangan, yang terdiri dari Kepala Desa sebagai pembuka acara, Sekretaris Desa, Kasih Pemerintahan, Kasih Kesejahteraan, Kadus 001, Kadus 002, Kadus 003, Kadus 004, Ketua RT 001, Ketua RT 002, Ketua RT 003, Ketua RT 004, Ketua RT 005, Ketua RT 006, Ketua RT 007, Ketua RT 008, Ketua RT 009, Ketua RT 010, Ketua BPD, Wakil Ketua BPD, Ketua Kartuna, Wakil Ketua Kartuna, Ketua BUMDesa, Sekretaris BUMDesa, dan Ketua LPM. Acara ini di narasumberi oleh Janovan Tiranda selaku founder jualsampah.id.

Perserta yang menghadiri acara tersebut duduk di kursi yang sudah disediakan oleh panitia yang tetap menjaga jarak. Mereka sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Terlihat dengan sesi diskusi yang dipersilahkan oleh narasumber Janovan Tiranda, mereka bergiliran untuk memberikan pertanyaan.

“Kimak luar biasa. Saya sangat excited dengan masyarakatnya, mereka sangat antusisas sekali, mereka mau belajar dan mau mendengarkan. Harapan dari output sosialisasi ini adanya tim yang mau bekerja sama dalam pengolahan sampah tersebut,” ujar Janovan Tiranda yang kerap di sapa Oop.

Andri Saputra selaku sekretaris desa mengungkapkan dengan adanya acara ini semoga masyarakat Desa Kimak bisa memanfaatkan pengolahan sampah, pembungan sampah, dan tentang kebersihan. Khususnya pemerintah desa bisa menerbitkan laporan ataupun regulasi yan dapat meningkatkan perekonomian Desa Kimak. Perangkat desa juga sangat mendukung dengan adanya pemanfaatan sampah yang dapat bernilai ekonomi tersebut.

“Terimakasih untuk narasumber yang sudah memberi pengetahuan, informasi, serta menjadi pemulai dalam menggerakan masyarakat desa terhadap permasalahan yang ada di desa kita, yang mana sampah akan menjadi nilai jual dan nilai ekonomi bagi masyarakat-masyarakat Desa Kimak”, Ujar Andri Saputra.

Mahasiswa KKN UBB Desa Kimak berharap, adanya acara ini semoga bisa dapat dimanfaatkan dengan baik dan direalisasikan dengan sungguh-sungguh tentang pengolahan sampah yang dapat bernilai ekonomi.

(Siti Sarinah/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments