Beranda Bangka Belitung Tim KKN UBB Desa Lubuk Besar laksanakan Bersih-bersih Lingkungan Ekowisata Air Merapin

Tim KKN UBB Desa Lubuk Besar laksanakan Bersih-bersih Lingkungan Ekowisata Air Merapin

LPM UBB, Lubuk Besar – Pelaksanaan Program Kerja Mahasiswa KKN Tematik UBB angkatan XV di Desa Lubuk Besar, Senin (03/08/20) dilanjutkan dengan Program Pembersihan Daerah Wisata Air merapin yang ada di Dusun Lubuk Laut.

Pembersihan Daerah wisata Air merapin, Yang termasuk dalam program kerja pengabdian Mahasiswa KKN di bidang Lingkungan Wisata Desa, telah di rancang dalam program kerja dengan melibatkan seluruh Tokoh masyarakat serta pemuda desa yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS).

Mahasiswa KKN Melakukan pembersihan lingkungan wisata dari sampah, rumput, membuat tulisan arah jalan, Anjuran Pembuangan sampah, dan pemasangan Pagar dilingkungan Wisata Air Merapin, Desa Lubuk Besar dusun Lubuk Laut.

Tokoh Masyarakat dan Pemuda turut Berpartisipasi dalam Pembersihan lingkungan Daerah Wisata Air Merapin secara bersama-sama dalam koordinasi tokoh pemuda beserta Seluruh mahasiswa KKN.

Kegiatan ini bertujuan memberikan kesadaran arti penting potensi Lokasi wisata air Merapin yang ada di Desa Lubuk Besar, tepatnya di Dusun Lubuk Laut Guna menjaga Sumber Daya Alam (SDA) serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan Ekowisata.

Memberikan pengajaran masyarakat untuk menjaga SDA melalui Ekowisata ini juga mendapat respon yang baik dari sejumlah pemerintah Daerah tingkat Provinsi maupun Kabupaten. Pembersihan Lingkungan Ekowisata Air Merapin ini juga merupakan respon dari banyaknya pengunjung yang berasal dari sejumlah wilayah ke lokasi ekowisata.

“Kami selaku tokoh pemuda akan selalu mendukung kegiatan pengabdian mahasiswa dalam upaya membangun dusun ini, Karena Ini menyangkut menjaga SDA dan meningkatkan Kualitas SDM dusun ini” Ujar Pak Budi Selaku Ketua Pemuda Dusun Lubuk Laut.

Pemberdayaan Desa Lubuk Besar Sebagai Smart Village di dorong melalui berbagai program KKN termasuk pemanfaatan Ekowisata yang berada di dusun Lubuk Laut, Guna menggiatkan pemuda dan masyarakat arti penting menjaga lingkungan terkhusus wilayah yang berpotensi untuk wisata.

“Kegiatan seperti ini memang telah kami rancang agar bisa membudayakan masyarakat untuk memanfaatkan wilayah agar nantinya dapat mendukung perekonomian masyarakat pula, kami juga membangun hubungan dengan koordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda desa” ucap Akbar salah satu mahasiswa KKN Desa Lubuk Besar.

“Kami dukung jika mahasiswa melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan wisata pemandian air merapin ini, terutama hal ini menunjukkan peran mahasiswa dalam pengabdiannya di lingkungan masyarakat serta menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya bisa demo saja” ujar Ujang salah satu pengunjung ekowisata Air Merapin.

(Tim KKN Lubuk Besar/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments