Beranda Bangka Belitung Tim KKN UBB XV 2020 Desa Penyak Gelar Sosialisasi dan Bagikan Sembako...

Tim KKN UBB XV 2020 Desa Penyak Gelar Sosialisasi dan Bagikan Sembako Untuk Masyarakat

Mahasiswa UBB mengisi kegiatan KKN dengan mengadakan seminar di desa penyak, berkolaborasi bersama  ldosen fisika dan dibuka dengan kata sambutan dari sekjur fisika bapak Herman Aldila, S.Pd., M.Si. dan sebagai narasumber ibu Tri Kusmita, S.Si., M.Sc.  dengan tema seminar “Sosialisali Dan Gerakan Bakti Sosial Dalam Rangka Peduli Dampak Covid-19 Di Desa Penyak, Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah”.

Di sela seminar mahasiswa KKN UBB 2020 di Desa Penyak juga membagikan Face shield ke perangkat desa penyak yang mengikuti seminar dan juga kepada dosen fisika sebanyak 50 buah face shield yang dibuat oleh Politeknik Sriwijaya (POLSRI) jurusan teknik mesin Palembang dan dirakit oleh Mahasiswa KKN UBB 2020 di Desa Penyak.

Pada hari yang sama selasa, (28/07/20) Mahasiswa KKN UBB 2020 Desa Penyak juga melakukan pembagian sembako kepada warga desa penyak. Pembagian sembako dilakukan dihalaman kantor kepala desa penyak pada pukul 08:00-12:00 WIB. pembagian sembako berasal dari salah satu proker Mahasiswa KKN UBB 2020 di Desa Penyak yang termasuk kedalam kategori bermanfaat bagi masyarakat dan bekerjasama dengan Hibah Pengabdian masyarakat tingkat Universitas yang diketuai ibu Anisa Indriawati, S.Si.,M.Sc.

Kegiatan yang dilakukan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus covid-19, dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker serta membagikan masker ke perangkat desa serta warga yang ada di lingkungan kantor kepala Desa Penyak dan Mahasiswa KKN UBB 2020 juga sudah menyiapkan tempat pencuci tangan di lokasi pembagian sembako. Sebelum pembagian sembako pada hari jumat, 24 juli 2020 Mahasiswa KKN UBB 2020 beserta pak kades bertemu dengan pak RT dari 14 RT yang ada di Desa Penyak guna menyampaikan dan mengkoordinir warga yang akan mendapatkan sembako dari Mahasiswa KKN UBB 2020 desa penyak. Selain itu, para warga yang mendapatkan bantuan harus membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP guna untuk pendataan.

Arika dewi yang merupakan anggota KKN UBB 2020 desa penyak  menuturkan rasa senang nya bisa berbagi dengan masyarakat dilokasi nya kkn dan juga merasa bersyukur dapat melakukan hal atau kegiatan yang berdampak positif bagi warga penyak.

“Sebagai Penanggungjawab untuk pembagian sembako saya merasa senang sekaligus bersyukur dapat berbagi walaupun sedikit dengan warga desa penyak. Sekaligus juga dapat memperkenalkan diri kami ke warga sekitar tempat kami KKN, harapan saya dan teman-teman semoga kegiatan yang kami lakukan di desa penyak bermanfaat dan dapat membantu bagi para warga desa penyak. Dan di masa pandemik seperti ini proker-proker yang kami jalankan berdampak positif bagi warga desa penyak” tutur Arika Dewi.

“Saya merasa bersyukur dengan adanya bantuan sembako dari Mahasiswa KKN UBB yang bisa membantu masyarakat kami yang terkena dampak covid-19 dari segi ekonomi. Massyarakat yang tadinya belum mendapatkan bantuan, Alhamdulillah bisa mendapatkan bantuan melalui programram kerja tim KKN UBB di Desa Penyak. Program kerja ini sangat membantu sekali perekonomian masyarakat kami. Kami selaku perangkat desa mengucapkan terima kassih atas bantuan adek-adek KKN, dosen fisika Universitas Bangka Belitung dan keluarga besar Universitas Bangka Belitung”, tutur Bang Muzi selaku perangkat desa

Selain pembagian sembako mahasiswa KKN UBB 2020 Desa penyak juga membagikan brosur kepada warga berisikan pesan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ditengah wabah covid-19 didalam brosur berisikan 6 langkah hidup sehat, yaitu : istrahat yang cukup, berolahraga yang teratur, menggunakan masker atau face shield ketika beraktivitas, membiasakan mecuci tangan, makan makanan yang bergizi, dan tentunya minum multivitamin tambahan agar tubuh daya tahan tubuh kita terjaga dengan baik.

Harapan Yunita sekalu anggota KKN UBB 2020 di Desa Penyak, dengan ada nya pembagian brosur ini warga Desa Penyak dapat menerapkan new normal di keseharian warga Desa Penyak.

“Sekarang ini Indonesia sedang menerapkan sistem new normal dan sebagai warga Negara yang baik kita seharusnya mengikuti aturan dari pemerintah supaya mencegah penularan virus covid-19 semakin banyak. Untuk itu saya dan teman-teman yang lain berharap brosur ini dapat membantu warga desa penyak untuk dapat menerapkan gaya hidup sehat dan new normal di kehidupan sehari-hari guna untuk terhindar dari virus covid-19 dan memutuskan rantai penyebaan virus covid-19” harap Yunita.

Seluruh kegiatan KKN UBB 2020 desa Penyak dapat diakses melalui Blog (http://kkndesapenyak2020.wordpress.com), Instagram (@kkndesapenyak_2020) dan youtube (KKN PENYAK UBB PENYAK JAYA) yang dapat dikunjungi untuk melihat keseruan dan apasaja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UBB 2020 di Desa Penyak.

(Tim KKN Penyak/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments