Beranda Bangka Belitung Tim KKN UBB Selindung Lama Bantu Kelompok Wanita Tani Matahari Lakukan Penanaman...

Tim KKN UBB Selindung Lama Bantu Kelompok Wanita Tani Matahari Lakukan Penanaman Bibit Sayuran.

LPM UBB, Selindung Lama – Tim KKN UBB Desa Selindung Lama membantu Kelompok Wanita Tani Matahari melakukan panen sawi dan penanaman berbagai macam bibit sayuran, seperti sayur sawi, tomat, cabai, dll. Kelompok Wanita Tani Matahari menyambut tim KKN UBB dengan hangat. Mereka merasa senang dan terbantu dengan kehadiran tim KKN UBB, pekerjaan mereka juga dapat diselesaikan dengan lebih cepat karena dilakukan secara bersama sama.

Ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Matahari bersikap terbuka dan ramah, sehingga Tim KKN UBB bisa berbincang-bincang dan saling bertukar fikiran.

Aktivitas Tim KKN UBB dimulai dengan membersihkan daerah sekitar perkebunan, panen, dan silaturahmi kelompok wanita tani yang dilaksanakan rutin setiap hari kamis dimulai setelah waktu ashar sampai dengan selesai.

Kepala Kelurahan Selindung Lama, Bapak Musyadi bersama ibu-ibu PKK membentuk kelompok wanita tani ini untuk meningkatkan produktivitas ibu-ibu rumah tangga agar dapat memproduksi sayuran sendiri untuk dikonsumsi sehari-hari. Lahan yang di gunakan pun merupakan lahan milik pribadi warga sekitar yang kebetulan lahan tersebut masih kosong dan tidak di pakai sehingga ibu ibu pkk bisa memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk bercocok tanam.

Selain itu, tujuan di bentuknya kelompok wanita tani ini ialah agar warga sekitar tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli sayur, mengingat kondisi pandemi yang sedang terjadi, tidak terlalu baik terlalu sering mengunjungi tempat keramaian salah satunya pasar. Sehingga dengan adanya kelompok wanita tani ini dapat membantu mempermudah masyarakat kelurahan selindung dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan jenis sayuran.

Walaupun Rumah pembibitan dan lahan belum terlalu besar, bukan menjadi alasan ibu-ibu kelurahan selindung untuk tidak mendapatkan kualitas sayur yang baik.

Ketua KKN Selindung Lama, Edo Gunawan, mengatakan semangat ibu-ibu ini perlu kita acungkan jempol. Mulai dari pembukaan lahan, pembibitan, penanaman hingga panen dilakukan oleh ibu-ibu semua.

“Alhamdulillah kali ini kami berkesempatan untuk membantu mereka untuk membuka lahan lagi. Saya pun turut merasa senang akan hal ini”, Tukas Edo.

“Dan harapan saya semoga lahannya nanti semakin besar dan hasil panennya dari Kelompok Wanita Tani Matahari ini nanti bisa menjadi penyalur sayur untuk wilayah kecamatan gabek bahkan kota pangkalpinang”, tambahnya.

(Wendi/RED LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments