Beranda Bangka Belitung UKM KOMPAS UBB Adakan Kegiatan Pelatihan Water Rescue Nasional Bersama dengan BASARNAS

UKM KOMPAS UBB Adakan Kegiatan Pelatihan Water Rescue Nasional Bersama dengan BASARNAS

Padang Baru, 2022. UKM KOMPAS UBB bersama dengan BASARNAS adakan Kegiatan Pelatihan Water Rescue Nasional selama 3 hari, 16 Juli 2022 sampai dengan 18 Juli 2022. Kegiatan ini berpusat di Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan Pelatihan Water Rescue Nasional ini mempunyai tema “Upaya Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Melalui Pelatihan Pertolongan di Air” dengan 3 tempat pelaksanaan kegiatan yaitu Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Kolam Renang Hidayatullah, dan Pantai Kuala Pangkalpinang.

“Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang peserta, yakni 3 orang dari BPBD Provinsi Babel, 2 orang dari Mapala Gempal Unmuh Babel, 2 orang dari Mapala Peta Alur Atma Luhur, dan 3 dari KOMPAS UBB dengan pemateri atau instruktur dari Badan SAR Nasional (BASARNAS) Bangka Belitung.” Ujar Adi Indra Saputra selaku Ketua Pelaksana kegiatan Pelatihan Water Rescue Nasional.

Pelatihan yang diberikan yakni mengenal substansi BASARNAS, pengantar pertolongan pertama (first aid), Bantuan Hidup Dasar dan RJP, materi pertolongan di atas permukaan air, praktik akses dan pertolongan serta materi dan praktik lainnya.

Tujuan dan harapan dari terselenggaranya pelatihan Water Rescue Nasional ini adalah dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam penyelamatan di perairan serta terciptanya relawan-relawan yang peduli dan turut andil dalam mengevakuasi insiden atau kecelakaan yang ada di perairan Bangka Belitung khusunya dan Indonesia pada umumnya.

“Apabila mereka (peserta) sudah mempunyai kompetensi di bidang pencairan dan pertolongan khususnya di atas permukaan air, mereka (peserta) bisa kita libatkan pada saat terjadi kecelakaan atau kondisi membahayakan jiwa manusia yang terjadi di perairan Bangka Belitung,” ujar Siswanto dari BASARNAS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments