Beranda Liputan Khusus HIMATIKA Adakan Mathematics Festival 2 dengan Tema “Aktualisasi Peran Generasi Muda dalam...

HIMATIKA Adakan Mathematics Festival 2 dengan Tema “Aktualisasi Peran Generasi Muda dalam berbagai Inovasi untuk Mengoptimalkan Perkembangan IPTEK di Era 5.0”

(Balunijuk, LPM UBB) – Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung mengadakan kegiatan Math Fest(Mathematics Festival 2022), salah satu program kerja dari Departemen Krekat yang rutin dilaksanakan, pada 20 Juni–6 Juli 2022. Kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan lebih jauh dunia matematika kepada siswa/i SMA/sederajat (regional) serta dari kalangan umum (nasional) ini terdiri dari 2 rangkaian acara, yaitu kuliah umum dan lomba. Adapun 4 lomba yang diselenggarakan adalah LKTI Nasional, Olimpiade Matematika (OMIKA) tingkat SMA/SMK/sederajat, e-sport, serta video kreatif.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tahun keduanya ini mengusung tema “Aktualisasi Peran Generasi Muda dalam berbagai Inovasi untuk Mengoptimalkan Perkembangan IPTEK di Era 5.0” mengingat besarnya peran generasi muda di era 5.0 yang identik dengan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Sehingga, generasi muda dituntut menguasai berbagai kompetensi, yaitu mampu berpikir kritis, bernalar, kreatif, komunikatif, kolaboratif, dan memiliki kemampuan problem solving.

Pembukaan Math Fest dilaksanakan pada Senin (20/06) di Ruang Akustik Gedung Timah I, UBB. Acara pembukaan ini dihaddiri oleh  Dekan Fakultas Teknik, Ketua Jurusan Matematika, pembina HIMATIKA, dosen dan staff Jurusan Matematika, ORMAWA Fakultas Teknik, LPM dan KOMPAS sebagai media partner, beberapa sponsor (BRI, BPS, Bolesa), serta Ikahimatika Wilayah 2. Kegiatan pembukaan ini diawali dengan tari sambut yang kemudian dilanjutkan oleh kata sambutan dari Reza Tipani selaku ketua pelaksana Math Fest. Dalam sambutannya, Reza berharap agar kegiatan Math Fest 2022 ini  berjalan lancar tanpa kendala. Ia juga memberikan ucapan semangat kepada para peserta. Sambutan juga dilakukan oleh Jhodi Adi Sihamat selaku ketua HIMATIKA. Acara ini resmi dibuka dengan pemotongan pita oleh sekretaris Jurusan Matematika Ineu Sulistiana, S.E., M.Sc. sebagai perwakilan dari Ketua Jurusan Matematika.

Selasa (21/06), dilaksanakan technical meeting presentasi 5 besar LKTI dan pada Rabu (22/06) dilaksanakan presentasi 5 besar LKTI yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom. Pada Kamis (23/06), diadakan Lomba Ranking 1 dari BPS selaku sponsor untuk memeriahkan kegiatan Math Fest di Ruang Akustik, Gedung Timah I, dengan total peserta 40 orang. Ada juga lomba sayembara judul skripsi dan lomba pembuatan infografis yang diadakan hingga 29 Juni 2022. Selanjutnya, pada Jumat (24/06) dilakukan technical meeting untuk persiapan pelaksanaan OMIKA pada Sabtu (25/06) dengan peserta lebih dari 70 siswa/i tingkat SMA/SMK/sederajat.

Pada 21–25 Juni, diadakan babak penyisihan dari lomba e-sport Mobile Legend yang dilakukan secara online. Setelah babak penyisihan, selanjutnya babak semifinal dilakukan pada Minggu (26/06) dan berakhir pada Senin (27/06). Pada 28 Juni–4 Juli dilakukan penilaian oleh juri untuk lomba video kreatif dan perekapan nilai OMIKA. Selasa (05/07) diadakan kuliah umum yang bekerja sama dengan BPS dengan tema “Skripsi Mudah dengan Data BPS”.

Kegiatan ini resmi ditutup pada Rabu (06/07) di Ruang Rapat Besar, Gedung BABEL IV dengan pemukulan gong oleh Ineu Sulistiana, S.E., M.Sc. selaku sekretaris Jurusan Matematika. Penutupan ini dihadiri oleh para tamu undangan seperti pada acara pembukaan serta para pemenang dari 4 kategori lomba.

“Terlepas dari keberhasilan acara ini, kami menyadari masih ada kekurangan dalam Math Fest 2 ini. Yang semula diperkiakan berlangsung selama 10 hari menjadi 16 hari karena adanya seleksi ujian masuk peguruan tinggi,” ujar Nurul Janah, wakil ketua pelaksana Math Fest dalam sambutannya.

Nurul juga meminta maaf atas beberapa kekurangan yang terjadi selama kegiaan berlangsung.

Pada acara penutupan ini juga diumumkan pemenang-pemenang lomba, penayangan pemenang lomba video kreatif dan aftermovie kegiatan Math Fest 2, hingga penampilan dari panitia HIMATIKA.

Penulis: HIMATIKA UBB

Fotografer: HIMATIKA UBB

Editor: Dina Sayyidina Rani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments