Beranda Liputan Khusus Belasan Universitas Segera Deklarasi Pembentukan Forum Legislatif Mahasiswa Ekonomi Indonesia (FLMEI)

Belasan Universitas Segera Deklarasi Pembentukan Forum Legislatif Mahasiswa Ekonomi Indonesia (FLMEI)

Puluhan mahasiswa dari DPM/BLM/SEMA atau lembaga legislatif tingkat fakultas ekonomi yang tegabung dalam lembaga legislatif/senat Fakultas Ekonomi dari seluruh daerah di Indonesia segera mendeklarasikan pembentukan Forum Legislatif Mahasiswa Ekonomi Indonesia (FLMEI). Hal itu ditenggarai dengan pertemuan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, Rabu (18/8/21).

Pertemuan yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting tersebut membahas tentang perkenalan masing-masing perwakilan kampus, langkah strategis FLMEI kedepan, menyusun AD/ART, dan persiapan untuk penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) sekaligus awal pembentukan FLMEI yang sah secara legalitas.

Perwakilan dari Universitas Khairun (UNKHAIR) Rizqi Yusuf, yang juga merupakan katalisator terbentuknya FLMEI mengungkapkan, rencana pembentukan FLMEI ini sudah digagas sejak tahun 2019 namun terkendala dengan situasi Pandemi Covid.

Dikatakan Rizqi, bahwa FLMEI ini sebagai forum silaturahmi dan konsolidasi antar lembaga legislatif/senat Fakultas Ekonomi Se-Indonesia.

“Saat ini sudah ada lembaga legislatif mahasiswa, yaitu Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) namun mayoritas yang ada di FL2MI adalah legislatif/senat tingkat Universitas. Maka dengan adanya FLMEI ini diyakini akan menjadi forum khusus DPM/SEMA/BLM/ atau lembaga legislatif tingkat Fakultas Ekonomi seluruh Indonesia sekaligus sebagai pertukaran pemikiran-pemikiran dari masing-masing kampus,” ungkapnya.

Sementara perwakilan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Hafilan, mengatakan bahwa dirinya akan terus berkomitmen untuk membentuk Forum Legislatif Mahasiswa Ekonomi Indonesia (FLMEI) yang akan diresmikan dalam forum Musyawarah Nasional.

“Kita menyadari bahwa ini adalah momentum kota untuk menjadi pelaku sejarah dalam pembentukan FLMEI ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, Musyawarah Nasional (Munas) akan direncenakan pada awal tahun 2022. Saat ini, FL2MI sudah membentuk panitia khusus (pansus) dari berbagai kampus, diantaranya Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas Pasundan (UNPAS), Universitas Serang Raya (UNSERA), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Bangka Belitung (UBB), dan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ).

(Salim/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments