Beranda Bangka Belitung Bersama UPT Puskesmas, Tim KKN Desa Bencah Cek Kesehatan Masyarakat Dan Bagikan...

Bersama UPT Puskesmas, Tim KKN Desa Bencah Cek Kesehatan Masyarakat Dan Bagikan Masker Gratis

LPM UBB, Air Gegas – Tim KKN UBB Desa Bencah yang diketuai oleh Syafrudin bersama 14 anggota tim lainnya lakukan kegiatan bagi-bagi masker serta membantu tim UPT Puskesmas Airgegas yang dipandu oleh Ibu Dewi untuk pengecekan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 pada Senin (20/07/20). Kegiatan ini dilakukan di Pasar Pagi Desa Bencah dengan dipandu tim Mader Kesehatan Desa Bencah dan rekan lainnya.

Salah satu program yang diusungkan dalam KKN Desa Bencah adalah bidang kesehatan yakni ikut serta menjalankan dan edukasi dalam pencegahan penyebaran covid 19. Kegiatan hari ini sangat cocok dengan tema KKN yang kami ajukan yaitu “Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial dan Ekonomi melalui Gerakan Peduli Lingkungan dan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid 19”.

Kegiatan ini di awali tim KKN dengan membagi-bagikan beberapa masker kepada penjual maupun pengunjung di Pasar Pagi Desa Bencah yang tidak menggunakan masker ketika berada di lokasi tersebut. Kami juga memberikan edukasi kepada mereka untuk selalu menggunakan masker ketika berpergian ke tempat umum dan dikunjungi oleh khalayak ramai. Dengan menerapkan protocol kesehataan kami menganjurkan mereka untuk tetap menaati sistem keprotokolan kesehatan agar siap dalam menghadapi kehidupan maupun aktivitas di era New Normal.

Program dibidang kesehatan kali ini, Tim KKN Desa Bencah bergabung dengan tim kader kesehatan desa Bencah dalam rangka menjalankan program bulanan UPT Puskesmas Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu program rutin UPT Puskesmas Airgegas dalam rangka Upaya Kesehatan Kerja (UKK).

“Sasaran kegiatan ini adalah para penjual di Pasar Pagi Desa Bencah dengan tujuan agar tim kesehatan dapat memantau kesehatan para pekerja (Penjual) sekaligus upaya pencegah penyebaran Covid 19,” tutur ibu Dewi salah satu petugas kesehatan.

Bu Dewi berharap para pedagang senantiasa berada dalam kondisi sehat.

“Kegiatan kali ini dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan penjual melalui cek suhu tubuh, mengukur berat badan, pengecekan tensi darah dan pengecekan kadar gula. Melalui pemeriksaan ini diharapkan para penjual tetap dalam kondisi sehat dan memberikan edukasi kepada mereka untuk selalu menggunakan masker dan sepatu boot agar terhindar dari kotoran ataupun kuman yang ada di lokasi pasar,” pungkas Ibu Dewi.

Syafrudin selaku Ketua Tim KKN Desa Bencah menyampikan bahwa kegiatan ini menjadi pengalaman yang berharga bagi mereka karena dapat terlibat langsung dengan UPT Puksesmas.

“Kegiatan kali ini sangat memberikan pengalaman bagi kami selaku mahasiswa dan sangat membantu Tim Kesehatan UPT Puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujar syafrudin selaku ketua kelompok KKN.

Ia berharap agar edukasi yang mereka sampaikan dapat dipahami oleh masyarakat.

“Harapannya semoga dengan kegiatan kami hari ini edukasi keprotokolan kesehatan dapat dipahami oleh masyarakat dan semoga pandemi ini bisa cepat berlalu sehingga kita semuanya siap menjalankan aktivitas secara normal,” harap Syafrudin.

(Tim KKN Bencah/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ratusan Mahasiswa Babel Lantangkan Aksi Tolak Perppu Cipta Kerja

Massa aksi yang bertolak dari Titik Nol KM mulai memasuki halaman Kantor DPRD Babel. Foto oleh Dimas Prayoga/Alternatif.

WISUDA KE XXVII, REKTOR UBB : SELALULAH MENJADI PRIBADI YANG OPTIMISTIK

LPM Alternatif — Pangkalpinang, Universitas Bangka Belitung kembali menggelar Rapat Terbuka Senat pada Rabu (15/3). Rapat Terbuka Senat dengan agenda tunggal Wisuda...

Melawan dengan Santai – LPM Alternatif UBB adakan Diskusi dalam Rangka IWD 2023

LPM Alternatif - Pangkal Pinang, Di tengah hiruk-piruk peringatan International Women's Day 2023, Lingkar Diskusi Gender LPM Alternatif turut mengadakan diskusi melawan...

Lika-Liku Jalan Menuju Kampus Aman dari Kekerasan Seksual

Ilustrasi: Esferanza Ratu. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Recent Comments