Beranda Bangka Belitung Dorong Kesadaran Masyarakat Agar Taat Terhadap Protokol Kesehatan Pemerintah, KKN UBB Batin...

Dorong Kesadaran Masyarakat Agar Taat Terhadap Protokol Kesehatan Pemerintah, KKN UBB Batin Tikal 2020 Pasang Alat Cuci Tangan di Posyandu

Pangkalpinang—Menghadapi Pandemi COVID-19, pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya termasuk mengeluarkan protokol-protokol kesehatan yang harus ditaati oleh masyarakat. Protokol kesehatan yang dimaksud mencakup aturan dan tata cara menjaga kebersihan diri, salah satunya dengan mencuci tangan.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah tersebut, kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UBB) Batin Tikal 2020 melakukan pemasangan alat cuci tangan di Posyandu Mawar, Kelurahan Batin Tikal, Kota Pangkalpinang, pada Selasa siang (4/8/2020).

Pemasangan alat cuci tangan ini merupakan salah satu program kerja kelompok yang dilaksanakan oleh beberapa mahasiswa yang menjadi perwakilan kelompok, antara lain Ahmad Maulana, Algilbran Paratama, Brema Sinuhaji, Eriko Purnama, dan M. Ade Pratama.

Alat cuci tangan yang dipasang merupakan alat yang dirakit sendiri oleh mahasiswa tersebut dengan memakan waktu selama kurang-lebih 4 hari, dimana hari pertama digunakan untuk persiapan material, hari kedua dan hari ketiga digunakan untuk perakitan, serta hari keempat digunakan untuk pemasangan.

Menggunakan baja ringan sebagai penyangga dan tong berpenutup sebagai penyimpan air, alat cuci tangan tersebut di pasang di halaman Posyandu Mawar sesuai rekomendasi dari pihak lurah yang diberikan saat kelima belas mahasiswa dalam kelompok tersebut melakukan audiensi dengan di Kantor Kelurahan Batin Tikal pada Senin, 15 Juli 2020.

Sebelumnya, Posyandu Mawar yang menjadi lokasi pemasangan alat cuci tangan oleh kelompok mahasiswa ini tidak memiliki fasilitas sanitas memadai mengingat posyandu tersebut ditutup sementara selama Pandemi COVID-19. Kemudian, kebijakan kenormalan baru yang dikeluarkan menjadikan Posyandu Mawar baru dibuka kembali. Hal inilah yang melatarbelakangi mahasiswa tersebut memasang alat cuci tangan di Posyandu Mawar dengan harapan dapat membantu masyarakat di Kelurahan Batin Tikal, khususnya masyarakat yang berkunjung untuk kebutuhan pelayanan kesehatan.

Setelah melakukan pemasangan alat cuci tangan di Posyandu Mawar, kelompok mahasiswa KKN UBB Batin Tikal 2020 ini akan kembali melakukan pemasangan alat cuci tangan di Posyandu Kenari, Kelurahan Batin Tikal pada Rabu, 12 Agustus 2020 nanti.

M. Ade Pratama selaku anggota divisi kemasyarakatan yang bertanggung jawab atas pemasangan alat cuci tangan ini berharap keberadaan alat cuci tangan ini dapat mendorong kesadaran masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan dari pemerintah. “Semoga dengan adanya alat cuci tangan ini, masyarakat lebih rajin cuci tangan dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri,” ujarnya.

(Red LPM UBB/Annisa Pradnya Paramitha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments