Beranda Bangka Belitung Kelompok KKN UBB Kelurahan Bukit Sari Gelar Seminar Pemuda dan Kemerdekaan

Kelompok KKN UBB Kelurahan Bukit Sari Gelar Seminar Pemuda dan Kemerdekaan

LPM UBB, Pangkalpinang – Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Bangka Belitung yang berlokasi di Kelurahan Bukit Sari Pangkalpinang menggelar seminar tentang pemuda dan kemerdekaan. Kegiatan seminar ini diselenggarakan pada Selasa (13/8) yang bertempat di Balai Desa Kelurahan Bukit Sari. Meskipun diselenggarakan secara tatap muka, seminar ini tetap mematuhi protokol kesehatan, ini terlihat dari jumlah peserta yang diundang hanya 30 orang dan para peserta wajib diperiksa suhu badan, cuci tangan serta menggunakan masker.

Seminar yang mengambil tema “Peran Pemuda/i dalam Mengisi Kemerdekaan di Era Adaptasi Baru ini” menghadirkan narasumber yang kompeten dalam membahas tema tersebut, yakni Bambang Ari Satria, S.IP, M.Si (Tokoh Pemuda Bangka Belitung), Sandy Pratama, M.Si (akademisi), dan juga Margarita, S.T, M.M (Komisioner KPU Kota Pangkalpinang). Bambang Ari Satria, S.IP, M.Si dalam materinya menyampaikan bahwa di era pandemi pemuda harus lebih kreatif dan inovatif, terlebih di era kemajuan informasi dan teknologi pemuda merupakan indivu yang erat sekali dengan teknologi yang harusnya dapat melihat peluang-peluang dan mengisi kemerdekaan.

Sementara itu, Margarita, S.T, M.M menjelaskan bahwa pemuda juga harus aktif dalam kegiatan politik dan wirausaha.

“Sejatinya, kehidupan kita tak lepas dari politik maka pemuda harus berpartisipasi aktir apalagi tanggal 9 Desember nanti kita akan melangsungkan pilkada serentak,” tuturnya.

Selain narasumber dan peserta, hadir pula dalam kegiatan seminar ini Lurah Bukit Sari dan Dosen Pembimbing Lapangan KKN. Dosen Pembimbing Lapangan kegiatan KKN Kelurahan Bukit Sari- Luna Febriani, M.A dalam sambutannya menyatakan bahwa kondisi pandemi seharusnya tidak menjadikan kita absen berpartisipasi mengisi kegiatan kemerdekan.

“Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemuda/i untuk mengisi kemerdekaan pada situasi era adaptasi baru, baik dalam ranah ekonomi, politik, sosial dan budaya,” ujar Ibu Luna.

Digagasnya seminar ini, tak luput dari kepedulian mahasiswa KKN UBB di Kelurahan Bukit Sari dengan situasi kondisi yang dihadapi masyarakat saat ini. Dimana saat ini, bangsa Indonesia sedang dihaapi pada situasi pandemi akibat covid-19 dan sebentar lagi akan dilangsungkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Dengan dilaksanakannya kegiatan seminar ini diharapkan dapat memotivasi para pemuda pemudi agar tetap semangat dan berpartisipasi penuh dalam rangka menyambut hari kemerdekaan, dan dengan apa yang telah disampaikan diharapkan dapat dipraktekkan secara langsung sebagai wujud pemuda pemudi yang kreatif dan inovatif mengisi kemerdekaan.

(Tim KKN Bukit Sari/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments