Beranda Opini KKN ONLINE, BAGAIMANA RASANYA?

KKN ONLINE, BAGAIMANA RASANYA?

Oleh : Rani Diansari
(Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk implementasi dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian. Bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui KKN ini menjadi cerita menarik tersendiri bagi setiap individu yang menjalaninya. Pengalaman hidup jauh dari orang tua, berbaur dengan masyarakat yang berbeda budaya dan adat istiadat, hidup seatap dengan teman yang berbeda karakter, konflik, tak lepas pula dari kisah percintaan yang tumbuh dan kandas melebihi drama korea top one di dunia. Cerita KKN memiliki tempat tersendiri di hati, semua tersimpan rapi dalam catatan akhir masa kuliah. Namun, bagaimana dengan KKN tahun ini?

Tentu saja, tahun 2020 menjadi sejarah baru bagi mahasiswa semester akhir, terlebih bagi mahasiswa yang akan melaksanakan KKN tahun ini. Pembatasan interaksi antar manusia demi menekan penyebaran covid-19 menjadikan pelaksanaan KKN tidak diselenggarakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Program KKN yang biasanya diselenggarakan dengan metode membagikan mahasiswa menjadi beberapa kelompok yang ditempatkan pada satu desa, kemudian melaksanakan berbagai program kerja di tengah masyarakat menjadi sulit diimplementasikan akibat mewabahnya covid-19. Akhirnya pelaksanaan KKN tahun ini dilaksanakan dengan formulasi yang menyesuaikan dengan kondisi, pengabdian tetap dapat dilakukan meskipun tidak harus terjun langsung ke lokasi tertentu.

Adanya informasi pelaksanaan KKN online juga sejalan dengan beredarnya humor bahwa KKN online tidak seasik KKN yang dilakukan langsung di tengah masyarakat. Hal ini diramaikan pula dengan beredarnya story tentang KKN tahun sebelumnya yang nampak lebih asik. Tentu saja hal ini menimbulkan sebuah tanda tanya bagi mahasiswa yang akan melakukan KKN online karena tahun ini baru pertama kali pelaksanaannya.

Terlepas dari semua itu, ucapan semangat juga tak lupa diberikan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN secara online.
Tak perlu merasa sedih karena tidak dapat melaksanakan KKN pada umumnya. Kamu tetap bisa bekontribusi untuk masyarakat dengan melakukan kegiatan KKN versi terbaik yang kamu punya, namun tetap dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Universitas. Yuk simak beberapa hal yang perlu kamu maksimalkan dalam melaksanakan KKN online.

Pertama, membuat vidio edukasi. Program kerja KKN tahun ini tidak lepas dari pencegahan dan penanganan pandemi covid-19. Para mahasiswa yang akan KKN ini diarahkan untuk terus menyampaikan informasi-informasi yang benar terkait COVID-19 ke masyarakat, serta berperan melawan hoaks. Kamu bisa mengedukasi banyak orang namun tetap menyenangkan melalui vidio yang kamu buat lalu dibagikan kepada masyarakat melalui media sosial. Jangkauan media sosial menjadi nilai tersendiri, vidio edukasi tersebut tersebar dengan luas sehingga dapat menjadi bahan edukasi bagi masyarakat yang menontonya.

Kedua, mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Dalam prosesnya kamu dapat memanfaatkan aplikasi media sosial. sebagai contoh kamu dapat membuat konten atau mengupload gambar dengan caption edukatif.

Ketiga, membantu menyiapkan perekonomian di daerah sendiri. Program KKN yang dilaksanakan di tempat tinggal sendiri tidak kalah manfaatnya dengan tempat yang biasanya ditentukan. Mahasiswa tentu telah mengenal potensi sumber daya alam dan manusia di tempat tinggalnya masing-masing. Hal ini berilmplikasi pada penerapan program yang dikembangkan oleh individu dan masyarakat tersebut. Sebagai contoh, kamu dapat membantu menyusun strategi pemasaran produk yang dihasilkan masyarakat selama pandemi covid-19. Kamu juga bisa menjadi penghubung atau perantara antara masyarakat dengan pemerintah, sehingga dapat mengkomunikasikan kebutuhan produksi para petani maupun sektor lainnya. Tentu ini tidak mudah, tapi dengan ilmu dan kemampuan yang kamu dapat di dunia perkuliahan, sudah cukup menjadi bekal untuk membantu masyarakat dalam menyiapkan perekonomian daerahnya. Ada banyak hal yang dapat dilakukan saat KKN online. Saatnya kamu berkontribusi di daerahmu sendiri, tidak perlu pergi KKN jauh-jauh untuk mengabdi.

Titik terakhir yang cukup penting adalah ketika kamu mampu menjadi contoh bagi masyarakat terutama di daerahmu sendiri dalam memberikan edukasi betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan covid-19. Tidak perlu pusing dan iri melihat foto-foto KKN sebelumnya bertebaran di dunia maya. Tidak usah naik darah melihat para kating upload foto KKN dengan caption sindiran KKN online tidak asik, toh mereka juga bakal wisuda online dan memindahkan tali toga sendiri. Hidup ini adil bukan? Tuhan telah mengaturnya dengan baik. Salam hangat dari penulis, sejatinya mencintai negeri ini tidak harus dengan melakukan sesuatu yang besar, dan tidak perlu menunggu jadi orang besar. Sebab kebermanfaatan tidak memandang tempat, tak pula memandang waktu. Selamat dan Semangat KKN adik-adikku :*

(Rani Diansari/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments