Beranda Bangka Belitung KKN UBB Kelurahan Sri Menanti Optimis Wujudkan Indonesia Bebas Pandemi Melalui Edukasi

KKN UBB Kelurahan Sri Menanti Optimis Wujudkan Indonesia Bebas Pandemi Melalui Edukasi

LPM UBB, Sungailiat – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa di sejumlah universitas. Gagasannya para pelajar terjun ke masyarakat, hidup bersama mereka untuk sekian lama, mengerti persoalan yang dihadapi, dan mengabdi dengan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Namun, ditengah pandemi COVID-19 membuat mahasiswa terbatas untuk melakukan kegiatan turun kejalan dan berinteraksi dengan masyarakat.

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Universitas Bangka Belitung (UBB) untuk mendorong mahasiswa dalam memberi kontribusi ke desa-desa melalui kegiatan Kuliah kerja nyata (KKN).
Pelepasan mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung angkatan VX tahun 2020 dilakukan via daring melalui zoom oleh Rektor Univesitas Bangka Belitung pada tanggal 15 juli 2020 yang diikuti oleh masing perwakilan DPL (Dosen pembimbing lapangan) dan mahasiswa disetiap fakultas.

KKN Tematik Srimenanti 2020 Daring Peduli Covid-19 ini mengusung tema “Bergerak Satukan Energi Menghadapi Era New Normal Untuk Indonesia Bebas Pandemi”. Para mahasiswa difokuskan untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan dan penanganan COVID-19.

Mahasiswa KKN Srimenanti melakukan pertemuaan dengan pihak kelurahan untuk serah terima serta penyampaikan program kerja. Okta meza selaku ketua kelompok dari KKN Srimenanti mengatakan program yang mereka lakukan untuk mengedukasi kepada masyarakat.

“Program yang kami jalankan bertujuan untuk mengedukasi serta memberikan informasi kepada masyarakat ditengah era new normal untuk mewujudkan indonesia bebas pandemi,” tutur Okta Meza

Adisyahputra selaku dosen pembimbing menyampaikan tujuan dari kkn ini berbeda dengan kkn sebelumnya dimana kkn tahun ini lebih terfokus pada penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19.

“Secara umum KKN dilakukan secara daring. Sebab, tidak memungkinkan dalam kondisi sekarang mahasiswa ke lapangan dan tinggal di tempat KKN selama kurang lebih satu bulan,”

Dengan adanya KKN daring, maka mahasiswa melakukan kegiatan KKN dari rumah. Mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) secara daring sesuai dengan tema edukasi yang disesuaikan dengan kondisi daerah KKN-nya.

Sudirman selaku kepala lurah kelurahan sri menanti mampu berkontribusi secara nyata dan dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di bangku perkuliahan.

“Saya mengharapakan dengan adanya mahasiswa KKN ini dapat memberikan kontribusi serta dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan pada bangku kuliah” Beliau juga berpesan untuk tetap senantiasi mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah yaitu menerapkan 3M : Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,”

(Okta/Red LPM UBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments