Beranda Bangka Belitung Tren Destinasi Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Tren Destinasi Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Oleh: Maudyna Zakirah (mahasiswa sosiologi)

Bangka Belitung merupakan pulau yang terletak di sisi selatan Sumatera yang kini mulai dikenal, terlebih pariwisatanya yang  terdapat banyak pulau-pulau, pantai-pantai, dan pemandangan bukitnya yang indah. Ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk berlibur. Pulau Bangka salah satu bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terletak di bagian sisi selatan Sumatera.

Di Bangka banyak sekali menyimpan keindahan-keindahan alam masih alami dan terjaga keasriannya tidak banyak diketahui orang luar Bangka. Meskipun terbilang pulau yang kecil, di dalamnya terdapat berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi juga tidak diragukan lagi .

Untuk kalian yang memiliki rencana berlibur ke Bangka Belitung, destinasi ini menawarkan keindahan yang luar biasa dan tidak akan disesali. Wisata pilihan yang bisa dikunjungi, mulai dari pantai, pulau dan pemandangan bukit yang asri. Pulau yang bersebelahan dengan pulau Belitung ini menyimpan banyak sekali daya tarik wisata. Berikut ini destinasi parwisata sedang tren wajib dikunjungi.

1. Pantai Parai

Pantai ini berlokasi di Sungailiat, tepatnya berdekatan dengan Pantai Matras. Pantai ini termasuk private beach. Wisatawan bisa berkunjung ke sana dengan biaya masuk 25.000/orang. Bila masuk ke dalam Parai, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan pantai sembari menyusuri sepanjang jalur kecil dengan pepohonan kelapa nan rindang. Di sana terdapat juga kolam renang yang besar dan kolam khusus untuk anak-anak. Tak hanya kolam renang, di dalamnya pun terdapat jembatan memanjang sampai ke tengah pantai. Bisa juga menikmatinya dengan duduk dipinggir jembatan sembari menikmati indahnya laut dan ikan-ikan kecil yang bergerombol.

Pantai Parai juga menyediakan penginapan bagi para pengunjung atau wisatawan yang ingin penginap dan menikmati keindahan pantai lebih lama lagi. Hamparan Pasir putih yang dihiasi sejumlah bebatuan granit pun terlihat kontras dibandingkan dengan air laut berwarna biru muda. Lalu, dari di sisi kiri jembatan, pasir putih dihiasi oleh ratusan bebatuan kecil dan besar yang membuat air laut berwarna biru pekat terlihat tidak kalah mengagumkannya.

2. Pantai Siangau, Teluk Limau

Salah satunya destinasi wisata lain yang wajib dikunjungi jika berpergian ke Pulau Bangka adalah wisata Pantai Siangau. Pantai ini terletak di Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat.

Jarak dari pusat Parittiga ke Pantai Siangau memakan waktu sekitar 20-30 menit jika menggunakan kendaraan roda dua. Sekitar 20-25 menit jika menggunakan kendaraan bermobil. Sedangkan jika dari pangkalpinang ke Pantai Siangau memakan waktu selama 2 jam 40 menit. Pantai ini dikenal dengan keindahan pemandangan pantai yang alami seperti hamparan pasir putih dengan pemandangan bukit yang menjulang tinggi dan jernihnya  air laut.

Namun, tidak hanya itu, terdapat juga bebatuan granit yang cukup besar dan menjulang tinggi juga tersebar di bibir-bibir pantai. Belum lagi ditambahnya tempat gazebo untuk bersantai dan juga pepohonan kelapa yang bisa dipetik sembari menikmati indahnya pantai. Tak sedikit pengunjung yang datang untuk berfoto sebagai koleksi maupun untuk diunggah ke media sosial mereka.

3. Bukit Angsa

Bukit Angsa terletak di di Desa Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah. Untuk dapat naik sampai ke atas bukit kita bisa menggunakan kendaraan dengan tetap harus berhati-hati karena jalannya yang berkelok. Namun tidak perlu khawatir jalan menuju ke atas terbilang lebar. Sembari naik ke atas pengunjung dapat berhenti berfoto di tepi ataupun berfoto dengan monument singa yang terdapat di tengah menuju keatas. Untuk tiket masuknya dikenai biaya 10.000-20.000/kendaraan. Bukit ini tidak hanya menyediakan keindahan, namun juga terdapat kafe untuk bersantai untuk menyanta makanan dan menikmati pemandangan bukit lain dan langit. Keindahannya membuat para pengunjung atau wisatawan ingin datang lagi.

4. Bukit Pagoda Nusantara

Atraksi Pagoda Nusantara
Sumber: https://jadesta.kemenparekraf.go.id/atraksi/pagoda_nusantara

Sesuai dengan namanya, Pagoda Nusantara merupakan sebuah bangunan klenteng yang digunakan sebagai tempat peribadatan orang beragama Buddha. Tempat ini juga dijadikan masyarakat setempat sebagai destinasi berwisata dengan suguhan pemandangan yang indah. Di sana terdapat fasilitas seperti kafe dan penginapan. Dari atas pengunjung dapat menikmati pemandangan bernuansa pohon hijau dengan hamparan laut biru, dedaun rimbun, dan bukit hijau yang tinggi. Ditambah sejuknya  angin menyapa. Di sekitaran wisata ini pun dihiasi dengan taman-taman kecil. Anda dapat berfoto di atas ketinggian beralaskan kaca yang membuat menarik karena bisa melihat langsung pemandangan di bawahnya. Tersedia juga tempat duduk untuk beristirahat dengan bebatuan besar untuk bersantai menikmati alam.

5. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai terletak di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jika berangkat dari pusat Kota Pangkalpinang, pulau ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan kendaraan untuk datang ke desa. Lalu melanjutkan perjalanan laut yang memakan waktu kurang lebih 45 menit. Pulau Ketawai memiliki keindahan tersendiri yang luar biasa. Pulau ini menawarkan sensasi pemandangan pantai yang bersih alami. Bagaikan surga tersembunyi, pantai ini sangat jernih. Ketawai sangat cocok untuk para pecinta snorkeling dan diving. Bagaimana tidak? Sajian terumbu karang juga ikann ikan yang terlihat di dasarnya indah dan alami. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa bermain jet ski dan banana boat yang disedia  dengan menyewa langsung dari pihak pengelola. Para pencinta permain jet ski pengunjung bisa melakukannya dari Pantai Pan Semujur Bangka Tengah, hanya 15 menit sudah sampai ke Pulau Ketawai.

Itulah beberapa destinasi wisata yang sedang tren saat ini. Bila berkunjung ataupun berlibur ke Bangka Belitung, Jangan lupa kunjungi destinasi wisata ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Gemuruh Kantin Berisik Vol. 3: “Bangkit & Bergerak”

Salah satu band lokal, Sisilain, menyemarakkan Kantin Berisik Vol.3. Foto oleh Eka/LPM UBB. Balunijuk, LPM UBB- UKM GEMA...

Meminimalisir Abrasi di Pulau Semujur : HIMAGRO UBB Gelar Kegiatan Penyuluhan dan Penanaman Tanaman

BALUNIJUK _Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman Tanaman yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan...

Mengenal Kekerasan Seksual dan Konseling Berperspektif Gender

Ilustrasi oeh Febri. Trigger warning: Artikel wawancara ini berbicara tentang kekerasan seksual yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan Anda....

“Panggung Ekspresi”, Kala Kesenian Bicara Petani dan Agraria

Papan seruan aksi di panggung utama dalam Panggung Ekspresi. Foto oleh Kevin. Pangkalpinang, LPM UBB - Badan Eksekutif...

Recent Comments